$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Setangkai Buah Anggur untuk Rasulullah

Buah Anggur @ tiportips   Setiap kali melihat setangkai anggur, pikiranku melayang kepada kejadian 15 abad yang lalu. Ketika Rasulullah...
Buah Anggur @tiportips 
Setiap kali melihat setangkai anggur, pikiranku melayang kepada kejadian 15 abad yang lalu. Ketika Rasulullah mencoba menawarkan Islam kepada penduduk Thaif, karena kaum Quraisy sudah betul-betul menolak dakwah beliau, hampir tidak ada harapan lagi bagi mereka untuk beriman.

Namun apa dikata, ternyata penerimaan penduduk Thaif tidak kalah jahatnya dibandingkan penerimaan penduduk Makkah. Mereka mengumpulkan anak-anak dan orang-orang bodoh (safih), kemudian mereka hasut untuk melempari Rasulullah Saw yang ditemani Zaid bin Haritsah. Saat itu, tubuh Rasulullah Saw sampai berlumuran darah.

Kawan, berhentilah sejenak membaca ini. Coba bayangkan dan resapi, bagaimana kira-kira bila ayahmu dilempari oleh orang banyak sampai berlumuran darah? Padahal waktu itu, beliau sedang mengantarkan kebaikan untuk orang yang melemparinya itu. Sekarang, yang dilempari adalah orang yang lebih kamu cintai dari ayahmu sendiri!

Di tengah-tengah kejaran penduduk Thaif itu, Rasulullah Saw menyingkir ke sebuah kebun anggur milik 'Utbah bin Rabi'ah dan Syaibah bin Rabi'ah, dua orang pemuka Thaif. Dengan kaki berlumuran darah, beliau berteduh di bawah pohon anggur sambil melantunkan do'a yang sangat memilukan ini,
"Ya Allah, kepada-Mu aku mengeluhkan kelemahan-kelemahanku, ketidakberdayaanku, dan kehinaanku di hadapan manusia. Wahai yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi! Engkau Tuhan orang-orang yang lemah dan Engkau adalah Tuhanku. Kepada siapakah Engkau hendak menyerahkan diriku? Kepada orang-orang asing yang bermuka masam terhadapku atau kepada musuh yang Engkau takdirkan akan mengalahkanku?"


Ya Allah, kepadamu aku mengadu kelemahanku, kekurangan daya upayaku dan kehinaanku kepada pandangan manusia. Ya! Arhamarrahimin! Engkaulah Tuhan orang yang ditindas. Engkaulah Tuhanku. Kepada siapalah Engkau menyerahkan diriku ini, kepada orang asing yang akan menyerang aku atau kepada musuh yang menguasai diriku?


Sekiranya Engkau tidak murka kepadaku, maka aku tidak peduli. Namun, 'afiat-Mu sudah cukup buatku. Aku berlinding dengan nur wajah-Mu yang menerangi segala kegelapan dan teratur di atas nur itu urusan dunia dan akhirat, daripada Engkau menurunkan kemarahan-Mu kepadaku atau Engkau murka kepadaku. Kepada-Mulah aku tetap merayu sehingga Engkau ridha. Tiada sebarang daya (untuk melakukan Kebaikan) dan tiada upaya (untuk meniggalkan kejahatan) kecuali dengan-Mu."


Melihat kondisi Rasulullah seperti itu, 'Utbah dan Syaibah merasa kasihan. Mereka menyuruh budaknya yang bernama 'Addas untuk mengantarkan setangkai anggur kepada Rasulullah Saw.

Setelah duduk di depan Rasulullah Saw, 'Addas menyerahkan anggur itu. Sebelum memakannya, Rasulullah Saw terlebih dahulu membaca basmalah. Mendengar itu, 'Addas berkata, "Kata-kata ini tidak pernah diucapkan oleh penduduk kampung ini."

Lalu Rasulullah Saw bertanya, "Dari mana asalmu? Apa agamamu?" 'Addas menjawab, " Dari Ninawa. Agamaku Nashrani."

Rasulullah Saw menimpali lagi, "Dari kampung laki-laki shaleh Yunus bin Matta?"

Mendengar itu 'Addas menjadi keheranan dan balik bertanya, "Apakah anda mengenal Yunus bin Matta?" Nabi menjawab, "Dia adalah saudaraku. Beliau seorang Nabi dan aku adalah Nabi."

Mendengar itu, 'Addas menciumi kepala, tangan dan kaki Rasulullah Saw. Dia pun masuk Islam.

Setelah itu, Rasulullah Saw memutuskan untuk kembali ke Makkah. Dalam perjalanan pulang, beliau ditemui malaikat gunung guna menawarkan penghancuran bagi penduduk Thaif dan Makkah yang sudah mengusir beliau. Caranya, mereka saling membenturkan gunung yang ada di tanah Arab itu.

Mendengar itu, Rasulullah Saw berkata, "Jangan lakukan itu. Aku berharap, semoga Allah Swt mengeluarkan dari tulang sulbi mereka anak keturunan yang menyembah Allah Swt dan tidak meperserikatkan-Nya dengan sesuatu pun."

Mahabenar Allah Swt yang telah berfirman,

وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيمٍ

"Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung." (al-Qalam: 4) [Zulfi Akmal]
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,283,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,89,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Setangkai Buah Anggur untuk Rasulullah
Setangkai Buah Anggur untuk Rasulullah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlFYuPZRY0aVsF_Wk2GlSE-EQI92sgddhcJxUcILf8XJitVM2SSWp8CTn3gtvc5AnMMrPwnNuaHuYNgo1F1FQOd4LH2EAMZG0gq8Q9GD5PGGiQfjdFSZS_U8AC46_pDuvj9zFSoKGXYPQ/s1600/306.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlFYuPZRY0aVsF_Wk2GlSE-EQI92sgddhcJxUcILf8XJitVM2SSWp8CTn3gtvc5AnMMrPwnNuaHuYNgo1F1FQOd4LH2EAMZG0gq8Q9GD5PGGiQfjdFSZS_U8AC46_pDuvj9zFSoKGXYPQ/s72-c/306.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2014/10/setangkai-anggur-cinta-untuk-rasulullah.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2014/10/setangkai-anggur-cinta-untuk-rasulullah.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content