Taufiq Ismail: Bukan Indonesia Hebat yang Didapat, tapi Indonesia Laknat

Joko Widodo @Antaranews 

Senin (20/10/2014) Joko Widodo resmi dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia ke 7 dan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke 12. Menyambut gelaran tersebut, panitia yang menyebut dirinya dengan panitia Syukuran Nasional menyelenggarakan konser bertajuk Salam 3 Jari yang merupakan kelanjutan dari Konser Salam 2 Jari ketika kampanye capres-cawapres ini.

Persis seharian itu, seluruh media di negeri ini, cetak maupun online sekata dalam memberitakan gelaran akbar ini. Mulai dari memberitakan menu sarapan Presiden baru, hingga berakhir di malam harinya.

Sayangnya, keprihatinan ini kembali menguak ketika konser yang digelar mendekati akhir. Dilaporkan oleh Republika Online, acara ini berubah menjadi semacam dugem selepas penampilan musisi asal Inggris, Arkarna.

Hal ini seperti sejalan dengan puisi yang digubah oleh Taufiq Ismail, "Bukan Indonesia Hebat yang didapat, tapi Indonesia Laknat."

Masih dari pantauan Republika, selepas konser, beberapa pesertanya pun melakukan 'pesta' miras yang dilakukan di sekitaran Stasiun Gambir. Mereka yang masih usia remaja dilaporkan mengisap rokok dan meminum minuman keras.

Gelaran pesta yang digelar seharian dengan banyak agenda ini memang diapresiasai oleh banyak kalangan. Namun, sebagai wujud kemajemukan itu sendiri, tak sedikit pula yang mempertanyakannya.

Apalagi pesta ini digelar ketika di belahan Indonesia lain masih banyak terjadi bencana, bahkan dalam waktu yang sama di Sinabung terjadi 38 kali gempa, di sekitaran Banten masih ada yang memakan nasi aking, dan banyak daerah yang harus menerima pemadaman listrik bergilir sehingga mengganggu aktivitas mereka.

Dalam kaca mata keindonesiaan sendiri, presiden-presiden sebelumnya langsung menyusul pelantikan dengan kerja. Bahkan, jika melihat yang dilakukan oleh pendahulu umat Islam ini, mereka yang dilantik selalu menangis, mengucap kalimat tarji' dan aktivitas positif lainnya. [bahagia/rol/berbagai seumber]
Powered by Blogger.