Header Ads

Aksi Bela Islam

Tidur Siang Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

ilustrasi @wafertango

Perkataan terbaik adalah sabda Rasulullah Saw. Beliaulah sebaik-baik teladan dalam berbagai bidang kehidupan. Baik sebagai seorag individu, kepala atau anggota keluarga, pemimpin maupun anggota masyarakat hingga kepala negara.

Dalam kehidupan sehari-hari, teladan Rasulullh Saw adalah kebaikan yang amat banyak. Bahkan, banyak diantara hikmah dari perintah-perintah beliau yang baru diketahui menfaatnya secara detail akhir-akhir ini, ketika medis dan ilmu pengetahuan semakin maju.

Rasulullah Saw dalam sebuah kesempatan menganjurkan kepada kita untuk melakukan sedikit tidur siang. Beliau bersabda,

قِيلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَا تَقِيلُ

"Ambillah tidur siang (qailulah), karena setan tidak melakukan tidur siang (Qailulah)." (Hr. Thabrani)

Ir Abdul Daem al-Kaheel menyebutkan dalam laman pribadinya, "Dalam penelitian terbaru (menurut CNN) menunjukkan bahwa tidur siang (qailulah) yang dilakukan seseorang di sela-sela kerja akan mengurangi risiko masalah jantung yang serius dan fatal."

Tidur siang yang ideal adalah sesaat sebelum atau setelah waktu Dhuhur. Tepatnya sekitar satu sampai dua jam sebelum atau setelah waktu Dhuhur.

Lanjut beliau masih di situs tersebut, "Para peneliti mengatakan, tidur siang di kantor dapat bermanfaat terhadap jantung karena mengurangi stress dan goncangan." Beliau menambahkan, "Pekerjaan merupakan sumber utama stres."

Subhanallahi Walhamdulillahi Allahu Akbar. [Bahagia/Kaheel77]

No comments

Powered by Blogger.