Header Ads

Aksi Bela Islam

Tips Sehat Rasulullah Saw Terkait Makanan

Ilustrasi @dietsehatcantik

Kesehatan adalah impian. Dengan sehat, ibadah dan aktivitas lainnya bisa dilakukan sebaik mungkin. Sebaliknya, saat berada dalam sakit, tubuh bahkan tidak bisa digerakkan dan mengalami kesulitan untuk beraktivitas.

Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang sering dilupakan oleh manusia, sama halnya dengan nikmat waktu luang. Sebagaimana waktu luang yang baru dirasakan nikmatnya ketika sibuk, sehat baru terasa mahal tatkala seseorang menderita sakit.

Rasulullah Saw sebagai makhluk tersehat di muka bumi memberikan banyak sekali kiat agar umatnya mendapatkan kesehatan prima. Salah satunya melalui makanan. Dalam kesempatan kali ini, Bersama Dakwah akan merangkumkan kepada pembaca tentang kiat sehat Rasulullah Saw terkait makanan.

1. Hindari satu jenis makanan

Rasulullah saw mencontohkan agar kita mengonsumsi makanan yang berbeda setiap harinya. Anjuran ini sama sekali bukan ajaran untuk bermewah, melainkan memenuhi hak tubuh. Memaksakan diri dengan satu jenis makanan amatlah mustahil dilakukan oleh tubuh. Jikapun berhasil, pelakunya akan mengalami kesulitan ketika harus mengonsumsi jenis makanan yang lain.

2. Biasakan makan dengan jenis makanan tempat tinggal

Inilah ajaran yang amat mulia. Dalam hal ini, Rasulullah Saw memberi contoh dengan mengonsumsi daging, buah, roti, kurma dan jenis makanan lain yang terdapat di negeri tempat beliau menetap.

Bagi kita, hendaknya hal ini dijadikan sebagai contoh untuk tidak mudah merasa hebat hanya karena sering mengonsumsi jenis makanan dari luar negeri yang belum jelas manfaatnya untuk kesehatan.

3. Jangan memaksakan diri dengan jenis makanan tertentu

Sebagai salah satu bawaan diri, ada orang-orang yang alergi ataupun tidak suka dengan makanan tertentu. Bahkan, ada diantara mereka yang langsung muntah ketika memakannya. Dalam hal ini, seseorang amat tidak dianjurkan untuk memaksa mengonsumsinya. Yang menjadi catatan, jangan sekalipun mencela jenis makanan tersebut.

4. Perhatikan nutrisi yang dikandung dalam tiap jenis makanan

Pertama, konsumsi makanan yang banyak manfaat dan berpengaruh terhadap kekuatan. Kedua, ringan (tidak berat) untuk lambung. Ketiga, mudah dan cepat dicerna.

Semoga dengan mengamalkan tips di atas, kita akaan semakin sehat sehingga kuat dalam beribadah, mengabdikan diri kepada Allah Swt dalam banyak jenis amal perbuatan. []

Disadur bebas oleh Pirman
Sumber : Tata Cara Pengobatan Ala Nabi, Ibnul Qayyim al-Jauziyah

2 comments:

  1. Terima kasih atas info yang bermanfaat ini. Secara saya memang sedang ada program makanan sehat yang harus dijalankan. Artikel ini sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat, ikut share ya min....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.