Header Ads

Aksi Bela Islam

1001 Alasan Kamu Harus Sayangi Ibu

Sayangi Ibu @Kisah Hikmah

Surga di telapak kaki ibu. Ridha Allah Swt salah satunya terletak pada ridha ibu (orangtua) kepada anaknya. Perintah untuk berbakti kepada orangtua banyak disebutkan di dalam Kitab Suci al-Qur’an yang terletak beriringan dengan perintah untuk tidak mempersekutukan Allah Swt dengan sesuatu pun selain-Nya.

Semua itu dilengkapi dengan banyak keutamaan yang akan diberikan oleh Sang Pencipta kepada siapa yang berbakti kepada kedua orangtuanya (ibu) baik dalam kehidupan di dunia maupun kehidupan selepas mati. Pendek kata, berbakti kepada orangtua adalah salah satu jalan yang harus ditempuh bagi siapa saja yang menghendaki kesuksesan hidup.

Perjuangan seorang ibu dimulai dari proses mengandung. Saat mengetahui terdapat janin di dalam rahimnya, seorang ibu langsung bergembira. Padahal, tak ada satu pun orang di dunia ini, termasuk dirinya, yang menjamin bahwa anak yang terlahir kelak akan menjadi permata hati yang berbakti kepadanya selaku orangtua ataupun Tuhan sebagai Penciptanya. (h.25)





Proses mengandung yang berjalan sembilan bulan bukanlah perjuangan yang ringan. Mulai dari kehidupan sepanjang hari dengan berat badan dua kali lipat, kesusahan dalam posisi tidur, aneka jenis alergi ataupun gangguan fisik bawaan bayi, hingga klimaks berupa prosesi melahirkan dengan kesakitan ratusan kali lipat dibanding sakit biasanya. Bahkan, saat melahirkan, seorang ibu telah bertaruh nyawa demi lahirnya sang buah hati. (h.47)

Meski melahirkan merupakan puncak dalam proses mengandung, ternyata hal itu adalah awal dari perjuangan panjang seorang ibu bersama anaknya. Mulai dari menjadi pendidik pertama, teladan sepanjang kehidupan saat anak masih kecil, hingga pembentukan mental yang secara sadar atau tidak dilakukan oleh orangtua kepada anaknya.

Proses mendidik yang dimulai dari empat bulan kandungan, masa balita, anak-anak, remaja hingga dewasa inilah yang amat menentukan pembentukan kepribadian seorang anak. Dalam masa panjang itu, akan kita dapati banyak pengorbanan nan menakjubkan dari seorang makhluk bernama ibu, yang seringkali, sifatnya seperti malaikat.(h.63)

Dalam buku ini, banyak sekali dibahas sifat-sifat menakjubkan seorang ibu sebagai dalang masa depan, pekerja di balik layar, koki paling peduli, dan dokter paling empati dalam kehidupan seorang anak.
Sampul Buku @Samedyyuswanto

Buku setebal 300 halaman ini menjalaskan tentang 13 power (kekuatan) seorang ibu dalam mengandung, merawat dan mendidik anaknya. Sebuah proses panjang yang sarat dengan pengorbanan, doa, kasih sayang, darah, luka, air mata, napas, detak jantung dan cinta.

Seakan mengetahui cara mengikat makna bagi pembaca, salah satu kelebihan buku ini adalah adanya kisah inspiratif yang disajikan di akhir bab dengan tema yang sesuai dengan bahasan. Seperti kisah seorang ibu yang mendonorkan telinga untuk anaknya, cerita anak termahal yang pernah dilahirkan, ibu yang menjadi pengemis demi membiayai sekolah anaknya, dan banyak lagi yang lainnya.

Hal lain yang merupakan kelebihan buku ini adalah adanya kutipan ayat al-Qur’an, Hadits Shahih dan kisah sahabat nan inspiratif yang dijadikan sebagai rujukan.

Sehingga, meski telah ada ratusan bahkan ribuan buku yang tersaji dengan tema ibu, kelebihan-kelebihan tersebut menjadi salah satu alasan bagi layaknya buku ini untuk disimak dan dijadikan rujukan serta inspirasi agar kita semakin berbakti kepada ibu (orangtua) kita. []

Detail Buku
Judul : 1001 Alasan Kamu Harus Sayangi Ibu
Penulis : Monde Ariezta
Penerbit : Mizania - Bandung
Tebal : 303 hlm
Cetakan : April, 2014
ISBN : 978-602-1337-07-3






2 comments:

  1. Saya coba bantu jawab. Buku 1001 Alasan Kamu Harus Sayangi Ibumu dapat dibeli di toko-toko buku terdekat di kota akhi, terutama di Gramedia, Togamas dan toko buku islam. Jika tidak ada (sudah habis), silakan lakukan pemesanan online melalui Google atau langsung melalui toko2 buku online yang akhi ketahui. Semoga bukunya bermanfaat. Terimakasih.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.