Header Ads

Aksi Bela Islam

Penelitian Terbaru tentang Tidur dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan

Ilustrasi @zonamp2

Para ahli dari The Ohio State University Wexner Medical Center mengungkapkan beberapa hal penting terkait tidur. Dari laman Antaranews, Bersama Dakwah merangkumkannya untuk pembaca tercinta.

1. Untuk anak-anak, kurang tidur dapat menyebabkan masalah perilaku, kesulitan fokus dan belajar di sekolah dan ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka.

2. Kelelahan parah (kronis) karena kurang tidur bisa membuat anak-anak sulit memproses apa yang terjadi di sekitar mereka.

3. Kurang tidur pada remaja menjadi masalah yang lebih besar. Diantaranya bisa mengganggu ritme sirkadian. Ritme ini yang memberitahu kapan harus terjaga atau tertidur.

4. Tidur adalah waktu yang digunakan tubuh untuk memulihkan diri. Otot dan jaringan lain memperbaiki diri, lalu hormon yang mengontrol pertumbuhan, perkembangan dan nafsu makan dilepaskan. Energi dipulihkan dan memori dipadatkan, jadi kita perlu mencoba untuk mendapatkan tidur yang teratur secara rutin.

5. Kurang tidur pada orang dewasa bisa memunculkan beberapa penyakit kronis termasuk penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, depresi dan obesitas.

6. Gangguan tidur seperti insomnia atau sleep apnea kerap terjadi pada orang dewasa yang disebabkan masa menopause pada perempuan atau pembesaran prostat pada laki-laki.

Para perempuan yang mengalami masa menopause, bahkan sering berkeringat di malam hari dan insomnia karena perubahan kadar hormon. Sementara, bagi para laki-laki, seiring bertambahnya usia, terjadinya pembesaran prostat dapat menyebabkan mereka lebih sering pergi ke kamar mandi di malam hari.

Obat-obat tertentu seperti obat untuk jantung, tekanan darah tinggi dan asma juga dapat mengganggu tidur.

7. Waktu tidur orang dewasa akan lebih terfragmentasi, atau terganggu pada malam hari. Penyebabnya adalah kondisi medis, merawat anak-anak, cahaya dan kebisingan gangguan binatang peliharaan atau stres.

8. Tips agar bisa tidur cukup dan berkualitas: jangan melakukan olahraga berat empat jam sebelum tidur; hindari menggunakan tablet, ponsel dan laptop sebelum tidur karena mereka memancarkan cahaya yang bisa mengganggu tidur; mandi air hangat dua jam sebelum tidur; waspadai terhadap obat bantuan tidur karena memiliki efek samping. [bahagia/AN]

No comments

Powered by Blogger.