Header Ads

Aksi Bela Islam

Besok Bulan Mengelilingi Ka’bah? Hoax!

Kabah tampak dari atas
Sebuah pesan tersebar melalui media sosial dan WhatsApp, mengatakan bahwa bulan akan mengelilingi ka’bah (thawaf), malam ini waktu Makkah atau besok pagi WIB. Disebutkan, peristiwa langka tersebut hanya terjadi dalam 100.000 tahun sekali.

Bahkan, ada pula yang mengirimkan pesan tersebut ke email redaksi untuk menanyakan kebenarannya.

“Assalamu’alaikum Wr Wb. Malam ini jam 03:25 MMT (Mecca Mean Time) waktu Mecca, bulan akan mengelilingi (thawaf) ka’bah. Ini terjadi dalam 100.000 tahun sekali,” demikian bunyi pesan itu.






“Rebut dan dapatkan peluang yang datang sekali dalam 100.000 tahun. Alhamdulillah... memang kita termasuk umat yang terpilih untuk berdoa pada waktu yang amat mustajab. Aamiin” lanjut pesan tersebut.

Hasil penelusuran Tarbawia menunjukkan, konten pesan tersebut bukanlah sesuatu yang baru dan kali pertama. Di Malaysia, pesan serupa pernah disebar pada Februari 2015. Isinya hampir sama dan tidak pernah terbukti.

Sebelumnya lagi, pada Desember 2014, pesan serupa juga disebar. Bahkan saat itu langsung dikonfirmasi oleh Mufti Ismail Menk yang namanya dicatut dalam pesan tersebut.

“Pernahkah Anda menerima pesan mengenai bulan akan tawaf mengelilingi Ka’bah? Semua itu palsu. Jangan terpedaya dengan pesan tersebut. Saya perlu memberi penjelasan karena nama saya turut disebut dalam pesan tersebut. Saya tegaskan, pesan itu bukan dari saya,” kata Ismail Menk waktu itu. [Ibnu K/Tarbawia]




3 comments:

Powered by Blogger.