Header Ads

Aksi Bela Islam

Lakukan Ini Sebelum Tidur, Anda Pasti Dijaga dan Didoakan Malaikat

ilustrasi @DISINIAJA.NET

Hampir setiap hari kita tidur. Bahkan ada yang tidur dua kali dalam sehari; siang dan malam. Dengan berbagai jenis durasi, tidur merupakan sarana yang diberikan oleh Allah Ta’ala kepada umat manusia. Tidur adalah sunnatullah bagi seorang hamba agar ia beristirahat.

Dalam setiap momen tidur, ada pula nilai pahalanya. Bahkan jika Anda berhasil melakukan hal ini sesaat sebelum tidur, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjanjikan; Anda akan dijaga oleh malaikat dan didoakan olehnya saat Anda terbangun.

Sahabat mulia ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma menuturkan, beliau mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu), maka malaikat akan tetap mengikuti.”





Perhatikan hadits ini dengan iman. Berwudhulah sebelum tidur. Terlelaplah dalam keadan suci. Jaga wudhu, pun saat hendak memejamkan mata. Ketika kita bisa melakukan sunnah mulia ini, Allah Ta’ala akan menugaskan malaikat untuk menjaga kita.

Apakah hanya dijaga? Ternyata, tidak! Masih ada bonusnya sebagaimana disebutkan dalam kelanjutan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban Rahimahullahu Ta’ala ini, “Lalu ketika ia bangun, niscaya malaikat itu berucap, ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si Fulan. Karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci."

Kita yang banyak dosa ini, dijamin mendapatkan doa dari malaikat yang menjaga kita saat tidur. Saat kita terbangun, malaikat itu mendoakan seraya menjadi saksi bahwa kita tidur dalam keadaan bersuci. Malaikat itu memohon ampun kepada Allah Ta’ala untuk kita. Dan salah satu doa yang dijamin keterkabulannya ialah pinta yang dipanjatkan oleh para malaikat. Sebab mereka bersih dari dosa-dosa.

Sungguh ajaib keadaan orang-orang yang beriman. Sepanjang harinya penuh pahala, berkah, dan bahagia. Semua episode kehidupannya menyenangkan dan membahagiakan. Semua yang disyariatkan kepadanya hanyalah menimbulkan kebahagiaan, tak hanya di akhirat tetapi juga di dunia yang amat sementara ini.

Menjaga wudhu juga disunnahkan di banyak kesempatan, sepanjang hari selama kita hidup. Ada begitu banyak keutamaannya. Minimal, ada 10 pahala agung bagi siapa yang senantiasa menjaga wudhu. (Baca: Amalan Ringan dan Sederhana, Tapi Sangat Besar Pahalanya)

Wallahu a’lam. [Om Pir/Tarbawia]




1 comment:

Powered by Blogger.