Soal Tenaga Kerja Asing, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

Jokowi (setgab-republika)


Presiden Republik Indonesia ketujuh Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) Lahendong dan Ulubelu di Kabupaten Minahasa pada Rabu (28/12/16).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan tanggapan tentang maraknya kabar terkait pekerja asing di Indonesia. Jokowi menepis berbagai informasi yang menyebutkan tenaga kerja asing sebagai ancaman.

"Jangan ada yang percaya, apalagi menyebar fitnah, soal tenaga kerja dan investasi yang dibilang sebagai ancaman," tutur Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengutip pernyataan Jokowi sebagaimana diberitakan Republika, Rabu (28/12/16).


Pihaknya menyebutkan, kehadiran tenaga kerja asing merupakan keniscayaan karena satu dan lain pertimbangan. Kehadiran tenaga asing, imbuhnya, juga merupakan sarana transfer ilmu, pengetahuan, dan teknologi.

"Banyak pekerjaan untuk orang lokal. Pengetahuan kita juga bertambah," imbuhnya.

Sementara itu, banyak beredar informasi di media sosial, siar, hingga cetak yang menyebutkan membanjirnya tenaga kerja asing, khususnya dari Tiongkok. Selain berjumlah puluhan hingga ratusan ribu, para pekerja asing tersebut juga tersebar di banyak bidang, termasuk pertanian, sampai berbagai jenis penyelundupan dan pelanggaran. [Tarbawia/Om Pir]
Powered by Blogger.