Header Ads

Doa Ampuh Saat Ditimpa Cobaan Hidup yang Berat

Doa saat alami ujian yang berat


Saat beratnya ujian dan rumitnya masalah kehidupan menghampiri, ada satu doa ampuh yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dalam sebuah haditsnya yang shahih.

"Ada satu hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, yang beliau ajarkan bagi siapa yang mengalami cobaan berat dalam hidup, yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud," tutur Ustadz Abdullah Haidir dalam channel telegram-nya.

,اللهم رحمتك ارجو فلا تكلنى الى نفسى طرفة عين واصلح لى شاءنى كله لا اله الا انت

Allahumma rahmataka arjuu, fa laa takilnii ilaa nafsii tharfata 'ainin, wa ashlihlii sya'nii kullahu laa ilaha illa anta.

Ya Allah, Rahmat-Mu aku harapkan. Maka jangan serahkan urusanku pada diriku meski sekejap mata. Dan perbaikilah seluruh urusanku. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.

Inilah doa yang sebaiknya senantiasa dibaca saat seseorang mengalami cobaan yang berat dalam kehidupannya. 



Baik ujian berupa pasangan yang selingkuh, suami yang malas bekerja, istri yang tidak taat dan sibuk dengan maksiat, anak-anak yang sukar diajak dalam berbagai proyek ibadah dan kebaikan, hutang yang kian menumpuk, dan lain sebagainya.

Doa ini bisa dibaca kapan saja, terutama di waktu-waktu yang mustajab dalam berdoa. Seperti setelah shalat, saat sujud dan setelah tahiyat akhir dalam shalat, ketika hujan, saat sepertiga malam yang akhir, saat menempuh perjalanan, dalam keadaan berpuasa, menjelang waktu berbuka, hari Jum'at, antara adzan dan iqamah serta waktu lain sebagaimana disebutkan dalam banyak riwayat.

Di antara yang paling penting ialah yakin. Bahwa Allah akan memberikan solusi atas semua persoalan yang dihadapi, serumit dan seberat apa pun. [Om Pir/Tarbawia]


Powered by Blogger.