Meski Singkat, Hadits Ini Bikin Ketakutan Pihak yang Kriminalisasi Ulama

(ilustrasi-kriminalisasi ulama)


Ulama memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Al-Qur'an menyebut ulama sebagai orang-orang yang amat besar rasa takutnya kepada Allah Ta'ala. Ulama ialah mereka yang berilmu dan menggunakan ilmunya untuk menggapai cinta-Nya dan mengajak sebanyak mungkin manusia kembali kepada-Nya.

Ulama lebih mulia dibanding ahli ibadah yang bodoh. Bahkan, setan lebih takut kepada ulama yang tertidur dibanding ketakutan mereka kepada orang yang rajin ibadah tanpa ilmu.

Sayangnya, akhir-akhir ini, banyak sekali pihak yang melakukan kriminalisasi terhadap para ulama. Ulama dilaporkan, dinyatakan sebagai tersangka, bahkan dihina dina dengan menggunakan berbagai macam meme menyakitkan.

Kepada siapa pun yang getol dan bersemangat melakukan kriminalisasi terhadap ulama, hadit ini hendaknya membuat mereka takut. gemetar lantaran ancaman kepastian yang disampaikan oleh Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ini.

"Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,  'Sesungguhnya Allah Ta'ala berfirman; 'Barang siapa yang memusuhi wali-Ku, maka sesungguhnya Aku menyatakan perang terhadapnya."

Ini merupakan potongan dari hadits panjang nan agung yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu. Dalam potongan yang amat singkat ini saja, terdapat ancaman sangat menakutkan bagi siapa pun yang memusuhi para ulama.

Termasuk memusuhi ulama ialah melakukan kriminalisasi, mencari-cari kesalahan, bahkan menetapkan ulama sebagai tersangka atas kasus yang dibuat-buat. [Om Pir/Tarbawia]
Powered by Blogger.