Lihat 2 Orang Ini, Allah 'Tertawa' dan Memasukkannya ke Surga

Keutamaan taubat (ilustrasi)

Allah Ta'ala, sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim, 'tertawa' melihat dua orang ini.

Bukan hanya 'tertawa', Allah Ta'ala juga memasukkan mereka ke dalam surga, meski mereka pernah saling berusaha menghilangkan nyawa.

يضحك الله سبحانه وتعلى الى رجلين يقتل احدهما الاخر يدخلان الجنة، يقاتل هذا في سبيل الله فيقتل، ثم يتوب الله على القا تل فيسلم فيستشهد. متفق عليه

Diriwayatkan dari sahabat mulia Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Nabi bersabda, "Allah Ta'ala 'tertawa' melihat dua orang yang bun*h-membun*h; keduanya akan masuk surga. Orang pertama berjuang di jalan Allah, lalu terbun*h. Kemudian Allah Ta'ala menerima taubat si pembun*hnya, karena ia telah masuk Islam dan lalu mati syahid."

Menerangkan hadits ini dalam Syarah Riyadhush Shalihin, Syeikh Dib Al-Bugha dan penulis lainnya menjelaskan bahwa hanya Allah Ta'ala yang Mengetahui maksud ungkapan ini.

Sebagian ulama berpendapat, "Allah Tertawa" merupakan ungkapan senang dan ridha terhadap perbuatan tersebut. Tetapi, 'tertawa-Nya' tidaklah sama dengan tertawanya makhluk. Mahasuci Allah Ta'ala yang berbeda dengan seluruh makhluk-Nya.

Hadits ini merupakan kabar gembira bagi umat manusia secara keseluruhan. Bahwa Islam adalah agama yang dijadikan kasih sayang bagi semesta alam.

Hadits ini juga mengandung kabar gembira bagi siapa pun yang pernah bergelimang dalam dosa. Bahkan mereka yang pernah membunuh seorang mujahid, ada kepastian ampunan jika ia bertaubat sebelum ajal. [Om Pir/Tarbawia]
Powered by Blogger.