Header Ads

Erdogan Kutip Ayat Ini untuk Qatar, Berikut Penjelasan 3 Pakar Tafsir Internasional





Dalam sebuah pidato, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengutip Surat Al-Baqarah [2] ayat 249 dan menyamakan Qatar dengan ayat ini.

Seperti apakah makna ayat ini? Berikut penjelasan 3 pakar tafsir internasional.

Imam Ibnu Katsir

Erdogan menyatakan bahwa Qatar merupakan negara kecil. Namun, ada satu ayat yang sangat tegas menyatakan bahwa ada begitu banyak golongan kecil yang berhasil mengalahkan golongan dengan jumlah besar karena mendapatkan pertolongan dari Allah.

كم من فئة قليلة غلبت فئةكثيرة باذالله والله مع الصبرين 

"Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah, dan Allah bersama orang-orang yang sabar." (Qs. Al-Baqarah [2]: 249)

Menafsirkan ayat ini, Imam Ibnu Katsir menyatakan dalam Tafsir Al-Qur'an Al-'Azhim, "Janji Allah itu benar. Sesungguhnya kemenangan itu berasal dari sisi-Nya, bukan karena banyaknya jumlah."

Sayyid Quthb

Sementara itu, di dalam Fi Zhilalil Qur'an, Sayyid Quthb menyatakan bahwa golongan yang sedikit bisa mengalahkan golongan yang banyak karena golongan yang kecil senantiasa terhubung dengan Allah Ta'ala.



"Mereka menang karena selalu berhubungan dengan sumber semua kekuatan dan karena mereka mengejawantahkan kekuatan pemenang, yaitu kekuatan Allah Yang Mahamenang atas urusan-Nya dan Yang Mahakuasa atas hamba-hamba-Nya, yang menghancurkan para diktator, menghinakan orang zhalm, dan menakan orang-orang sombong."

Hamka


Sedangkan mufassir kenamaan asal Nusantara, Prof. Dr Hamka menjelaskan dalam Tafsir Al-Azhar, "Bagi mereka, ketakutan tidak ada. Bahkan mati karena mempertahankan keyakinan dan iman adalah mati yang mulia."

Sebagaimana diketahui sebelumnya, negara-negara Teluk melakukan blokade dan embargo terhadap Qatar. Qatar yang kerap membantu Muslim Palestina dan negara tertindas lainnya dituduh mendukung terorisme dan radikalisme. [Om Pir/Tarbawia]

Powered by Blogger.