Header Ads

Media Nasional Bungkam, Inilah 6 Kehormatan dari Ulama Internasional untuk Anies Baswedan

Anies Baswedan menyampaikan sambutan dalam Majlis Shalawat Abuya Sayyid Ahmad, cucu Abuya Sayyid Alawy Al-Maliki (fb ab)

Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri Majelis Shalawat di kediaman ulama internasional Abuya Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hasaniy di Makkah Al-Mukarramah, Arab Saudi, pada Selasa (28/9/17).

Dalam majelis tersebut, Anies Baswedan mendapatkan banyak kehormatan dari ulama yang merupakan cucu dari Abuya Sayyid Alawy Al-Maliky. Abuya Sayyid Alawy merupakan guru para ulama Nusantara seperti KH Maemun Zubair dan banyak ulama lainnya.

Ruangan Pribadi

Ketika sesi makan malam, Anies Baswedan diajak masuk ke ruangan pribadi Abuya Sayyid Ahmad. Anies menyebutkan, ruangan yang dipenuhi kitab ini menunjukkan kualitas keilmuan pemiliknya.

"Abuya Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Alawy Al-Maliki Al-Hasaniy secara khusus meminta saya ke ruangan pribadinya. Ruang pribadi beliau itu mencerminkan ruang seorang alim, seorang ulama yaitu seluruh dindingnya tertutup oleh rak berisi kita." tutur Anies melalui akun fesbuk resminya, Selasa (29/8).

Dua Sorban

Setelah berbicara empat mata, Abuya Sayyid Ahmad memberikan hadiah berupa sorban berwarna hijau. Sorban ini merupakan warisan dari sang ayah, Abuya Muhammad bin Alawy.


"Sorban hijau ini adalah milik ayah, dan kini saya serahkan sorban ini untukmu." lanjut Anies menuturkan, menirukan kalimat yang disampaikan Abuya Sayyid Ahmad.

 Abuya juga memberikan sorban berwarna putih kepada mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Cincin Batu Hijau

Sepanjang acara, Anies duduk bersebelahan dengan Abuya Sayyid Ahmad. Keduanya terlihat akrab dan saling berpegangan tangan. Saat acara masih berlangsung, Abuya mengangkat tangan Anies seraya menyematkan cincin batu berwarna hijau.

"Saat sedang memegang tangan saya, beliau mengangkat tangannya dengan lalu melepas cincin batu berwarna hijau dari jarinya lalu dengan cepat sekali memegang tangan dan menyematkan cincin itu di jari saya." lanjut Anies menceritakan.

Anies mengaku tidak menyangka akan mendapatkan kehormatan tersebut.

Segelas Berdua

Ketika Majlis Shalawat akan segera berakhir, seorang asisten mendatangi Abuya dan Anies yang duduk berdampingan. Asisten tersebut membawa cangkir berisi air zam-zam.

"Beliau minum seteguk, lalu menyodorkan cangkir tersebut untuk saya minum-dari cangkir yang sama." terangnya, bersyukur.

Tasbih Keramat

Kehormatan lain yang didapatkan Anies adalah tasbih yang terbuat dari kayu kokka berwarna coklat. Kata Abuya Sayyid, tasbih itu sudah digunakan untuk bershalawat jutaan kali.

"Tasbih ini sudah digunakan untuk melafalkan shalawat jutaan kali, sejak (digunakan) ayah saya. Dan kini saya serahkan tasbih ini pada saudaraku Anies untuk diteruskan membaca shalawat." tutur Anies.

Sampaikan Sambutan

Anies Baswedan juga dipersilakan secara khusus oleh Abuya Sayyid Ahmad untuk menyampaikan sambutan di hadapan ulama internasional dari berbagai negara yang hadir di majlis tersebut. [Mbah Pirman/Tarbawia]

Powered by Blogger.