Dua Waktu Terbaik untuk Berdoa, Pasti Dikabulkan Allah

waktu terbaik untuk berdoa
Semua waktu adalah baik untuk berdoa. Namun, ada waktu-waktu yang lebih mustajabah untuk berdoa. Dan di antara waktu-waktu yang mustajabah itu, ada dua waktu yang terbaik.

Sulitkah dua waktu terbaik itu didapatkan? Ternyata mudah. Dan ini adalah karunia dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sayang sekali jika dilewatkan.

Kapan dua waktu tersebut?

Salah seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah, meminta kepada beliau dikabarkan doa yang didengar Allah. Didengar, tentu saja maksudnya adalah dikabulkan juga oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفُ اللَّيْلِ الآخِرُ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

“Ya Rasulullah, doa manakah yang didengar Allah?” Beliau menjawab, “(Doa pada) akhir malam dan setelah sholat maktubah (sholat wajib)” (HR. Tirmidzi; hasan)

Hadits yang diriwayatkan Abu Umamah Al Bahili radhiyallahu ‘anhu tersebut dicantumkan Imam Nawawi rahimahullah dalam kitab Al Adzkar pada bab Dzikir-Dzikir Setelah Sholat.

Inilah dua waktu terbaik untuk berdoa:

1. Doa di Akhir Malam


Akhir malam atau sepertiga malam terakhir merupakan saat-saat mustajabah untuk berdoa. Berdoa di waktu itu akan dikabulkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)

2. Doa Setelah Sholat Lima Waktu


Doa setelah sholat merupakan salah satu doa yang paling dikabulkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan doa di waktu ini agaknya jauh lebih mudah dibandingkan doa di sepertiga malam terakhir. Karena kadang orang terlambat bangun hingga mendengar azan Subuh, yang berarti waktu malam telah lewat.

Adapun doa setelah sholat, relatif tidak terkendala. Sempatkan beberapa waktu untuk berdiam di masjid, berzikir lalu berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Keterangan lengkap mengenai keutamaan dan contohnya, bisa dibaca di artikel Doa Setelah Sholat
Powered by Blogger.