Header Ads

Aksi Bela Islam

Hadits 42: Pahala Kebaikan Dilipatgandakan 10 hingga 700 Kali Lipat

Alhamdulillah, pembahasan hadits Shahih Bukhari bisa hadir lagi menyapa pembaca. Kini memasuki hadits ke-42, masih berada di bawah Kitab Al-Iman (كتاب الإيمان).

Imam Bukhari tidak memberikan judul tersendiri pada hadits ini, melainkan mengikuti judul pada hadits sebelumnya yaitu باب حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ (kebaikan Islam seseorang). Untuk memudahkan pembahasan, hadits ke-42 ini kita beri judul: "Pahala Kebaikan Dilipatgandakan 10 hingga 700 Kali Lipat"

Berikut ini matan (redaksi) hadits Shahih Bukhari ke-42:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - إِذَا أَحْسَنَ أَحَدُكُمْ إِسْلاَمَهُ ، فَكُلُّ حَسَنَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ ، وَكُلُّ سَيِّئَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِمِثْلِهَا
Dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jika seseorang memperbagus keislamannya, maka setiap kebaikan yang dilakukannya dituliskan 10 hingga 700 kali lipat, sedangkan setiap kejelekannya hanya ditulis sepertinya (satu saja)"

Penjelasan Hadits

إِذَا أَحْسَنَ أَحَدُكُمْ إِسْلاَمَهُ
Jika seseorang memperbagus keislamannya

Hadits ini menggunakan lafadz jamak "ahadukum" karena ditujukan kepada para banyak sahabat yang saat itu mendengarkan hadits beliau, namun maknanya tetap berlaku bagi setiap pribadi. Artinya, siapapun orangnya asalkan memenuhi syarat ini maka ia akan mendapatkan pelipatgandaan amal kebaikan seperti dijelaskan dalam lanjutan hadits ini.

Makna memperbagus keislamannya adalah teguh di atas Islam yang ia ikrarkan dengan syahadat dan berkomitmen dengan ajaran-Nya.

فَكُلُّ حَسَنَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ
maka setiap kebaikan yang dilakukannya dituliskan 10 hingga 700 kali lipat

Inilah kasih sayang Allah yang diberikan untuk hambaNya yang muslim. Asalkan ia beriman, asalkan ia Muslim yang berkomitmen dengan keislamannya, setiap amal kebaikannya dilipatgandakan 10 hingga 700 kali lipat.

وَكُلُّ سَيِّئَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِمِثْلِهَا
sedangkan setiap kejelekannya hanya ditulis sepertinya (satu saja)

Berbeda dengan amal kebaikan yang dilipatgandakan, amal buruk yang dikerjakannya hanya ditulis satu saja. Bahkan dalam hadits sebelumnya disebutkan "kecuali jika Allah memaafkannya." Artinya, jika amal buruk itu diamaafkan Allah, ia bahkan tidak ditulis sama sekali.

Dengan rahmat Allah inilah, sungguh pintu surga dibuka seluas-luasnya bagi muslim. Allah memberinya peluang besar agar catatan amal kebaikannya bertumpuk-tumpuk, sementara catatan amal kejelekannya hanya sedikit, bahkan tertutupi oleh amal kebaikannya.

Pelajaran Hadits
Pelajaran yang bisa diambil dari hadits ini diantaranya adalah:
1. Seorang muslim hendaklah memperbagus keislamannya, yakni dengan tetap teguh di atas Islamnya dan berkomitmen dengan ajaranNya;
2. Bagi muslim yang demikian, Allah melipatgandakan catatan amal kebaikannya menjadi 10 hingga 700 kali lipat;
3. Amal kejelekan seorang muslim hanya dicatat seperti apa yang ia lakukan, tanpa dilipatgandakan;
4. Hadits ini menunjukkan betapa besarnya kasih sayang Allah kepada orang-orang yang beriman.

Demikian hadits ke-42 Shahih Bukhari dan penjelasannya. Semoga kita mendapatkan taufiq dari Allah SWT untuk senantiasa memperbaiki keislaman kita, memperbanyak amal kebaikan dan menjauhi amal kejelekan. Wallaahu a'lam bish shawab.[]

KEMBALI KE HADITS 41

Untuk membuka seluruh hadits dengan mudah melalui DAFTAR ISI, silahkan klik
KUMPULAN HADITS SHAHIH BUKHARI

3 comments:

  1. Ass, bolehkan dicontohkan yg mana amalan yg di balas 10 kali dan amalan yang di balas 700 kali?

    ReplyDelete
  2. 1 huruf yang dibaca daripada al-Quran mendapat 10 pahala. manakala setiap harta yang dibelanjakan kepada jalan Allah digandakan kepada 700 pahala.

    ReplyDelete
  3. Penulisan atau pengetikan salam jgn disingkat seperti ass krn berarti (maaf) tempat keluarnya kotoran manusia, walaupun maksudnya bukan seperti itu


    Kiranya bermanfaat

    ReplyDelete

Powered by Blogger.