Header Ads

Aksi Bela Islam

Hikmah Medis di Balik Hadits “Padamkan Lampu Jika Hendak Tidur”

Tidur dengan lampu mati - ilustrasi (foto Hajrimz)
"Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman" (HR.Muttafaq'alaih).

Rasulullah mensabdakan itu lebih dari 14 abad yang lalu. Ternyata, di abad modern ini baru diketahui manfaat medis dari tuntunan Rasulullah untuk memadamkan lampu ketika hendak tidur.

Seperti ditulis Ustadz Yusuf Mansur, ahli biologi Joan Robert mengungkapkan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Orang yang tidur dalam kondisi gelap, maka tubuhnya bisa memproduksi hormon ini.






Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melatonin terhenti..

Pentingnya tidur di malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris. Peneliti menemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London juga menyatakan bahwa orang bisa menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Subhanallah... demikian luar biasa tuntunan Rasulullah. Setelah berabad-abad, hikmah medisnya baru terugkap. Wallahu a’lam bish shawab. [Sumber: Fan page ustad Yusuf Mansyur]




12 comments:

  1. Mencoba merubah kebiasaan nih...

    ReplyDelete
  2. Sungguh islam menjawab apa yg lalu sekarang dan masa akan datang

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah . . .

    Sudah mulai jadi kebiasaan

    ReplyDelete
  4. Islam adalah kehidupan.. pegangan hidupnya adalah Al Qur'an..

    ReplyDelete
  5. smg istriku bisa merubah kebiasaan tidur lampu dinyalakan

    ReplyDelete
  6. Sudah menjadi kebiasaan buat saya dan keluarga kalo tidur lampu dimatikan...sampai skrg putri kecilku pun kl tidur lampu harus padam :)

    ReplyDelete
  7. Yg pasti kalau tidur lampu dimatikan maka bila Ngorok tampang jeleknya tdk kelihatan.

    ReplyDelete
  8. Ternyata benar yg di katakan Rasulullah..bersegeralah merubah kebiasaan lama.

    ReplyDelete
  9. Dulu di kampung juga sering seperti itu, kalo mau tidur lampu harus di matikan. :)

    ReplyDelete
  10. Subhanallah,,, tidak ada keraguan bila datangnya dari Allah dan Rosulnya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.