Header Ads

Aksi Bela Islam

Mengapa Tidak Boleh Tidur Terlalu Malam?

ilustrasi kanker hati
Diantara kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah, beliau tidak suka begadang. Jika tidak ada urusan penting –baik tentang dakwah ataupun jihad- maka beliau menyegerakan tidur setelah shalat Isya’ kemudian bangun di pertengahan malam atau sepertiga malam untuk shalat tahajjud atau qiyamullail.

Selain memudahkan tahajjud, ternyata kebiasaan tidak tidur terlalu malam juga memiliki banyak manfaat medis yang baru diketahui di zaman modern ini. Sebaliknya, orang yang tidur terlalu malam terancam bahaya kesehatan sebagai berikut:

1. Sistem Imun Melemah
Tidur terlalu malam ternyata berpengaruh rusaknya sel-sel darah putih. Akibatnya kekebalan tubuh menjadi melemah dan rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

2. Diabetes
Tidur terlalu malam juga merusak hormon di tubuh. Akibatnya tubuh tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin menurun. Orang yang tidur terlalu malam menjadi lebih rentan terhadap penyakit Diabetes.

3. Sakit Kepala Hingga Kerusakan Otak
Tidur terlalu malam membuat tubuh tidak bisa beristirahat dengan baik. Meskipun waktu tidurnya sama, katakanlah lima jam, orang yang tidur sebelum tengah malam dan bangun sepertiga malam terakhir akan merasakan kondisi fisik yang lebih fit. Sebaliknya, tidur larut malam membuat istirahat tidak efektif. Ketika bangun kepala terasa berat, itulah tanda gegar otak kecil sedang menyerang. Jika dibiasakan, terus menerus dalam waktu berkepanjangan, kerusakan otak bisa mengancam.

4. Kanker Hati
Dintara penyakit berbahaya akibat tidur terlalu malam adalah kanker hati. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam situs resmi UGM Fakultas Kedokteran Bagian Radiologi. Bahwa penelitian para dokter di National Taiwan Hospital menemukan bahwa tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang merupakan penyebab utama kerusakan hati.

Subhanallah... demikianlah hikmah medis dari salah satu kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Aisyah radhiyallahu ‘anha menjelaskan kebiasaan beliau ini:

مَا نَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَلَا سَهِرَ بَعْدَهَا
Rasulullah shallaallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah tidur sebelum waktu isya' dan tidak pernah begadang setelahnya. (HR. Ahmad; shahih)

Ibnu Qayyim Al Jauziyah menjelaskan dalam Zadul Ma'ad: "Termasuk kebiasaan beliau adalah tidur di awal malam dan bangun di bagian akhirnya. Terkadang beliau begadang di awal malam untuk mengurusi berbagai kepentingan orang-orang miskin."

Semoga kita dimudahkan untuk meneladani beliau, dan mendapatkan banyak manfaat dan hikmah berkat meneladani beliau. [IK/bersamadakwah]

46 comments:

  1. bisa berikan detailnya selambat2nya jam berapa paling lambat tidur?

    ReplyDelete
  2. aku sentiasa tidur lewat malam, he3

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah....saia mah tdr.sore teruss paling jam 23.. baru tidur..

    ReplyDelete
  4. subhanallah...
    sebaik- baiknya taulandan ya Rasulullah...
    bahkan tidur beliau pun ada manfaaty untuk kesehatan kita, semoga kita bisa menerapkan dalam diri kita, dan keluarga kita

    ReplyDelete
  5. gimana kalau saya ni punya kerjaan jadi tukang ronda,

    ReplyDelete
  6. terima kasih informasinya ya, akan saya praktekkan :-)

    ReplyDelete
  7. Subhanallah, Indahnya mengikuti kebiasaan Nabi

    ReplyDelete
  8. anonim pertama : detilnya "setelah sholat isya"
    kan waktu sholat tiap tempat dan tiap musim beda2, kadang 19.00 udah isya, kadang juga 19.30 baru isya..ya sesuaikan saja dengan jadwal sholat yang sedang berlaku

    ReplyDelete
  9. Insyaalloh akan saya praktekkan.
    Contoh dari rosululloh tak terbantahkan.

    ReplyDelete
  10. Membuat saya jadi memperhatikan kesehatan saya selama ini saya sering bergadang ternyata efeknya bisa tidak baik bagi kesehatan,mulai sekarang berlatih untuk tidur rutin tepat pada waktunya

    ReplyDelete
  11. Tidur salah satu hal untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh kita setelah hampir satu harian kita bekerja.Kesehatan lebih penting dari segalanya

    ReplyDelete
  12. nah sekarang kan klo krja D PT kn ada masuk malem nya itu gimana?

    ReplyDelete
  13. subhanallah :( banyak banget effectnya yaa :(

    ReplyDelete
  14. semoga kita dapat senantiasa meneladani Rasulullah dalam segala hal termasuk masalah tidur ini. Amin.

    ReplyDelete
  15. Pantesan kepalaku sering pusing dipagi harinya klo begadang malam..maksih ilmunya

    ReplyDelete
  16. wah.. bahayanya luar biasa ya, harus segera dirubah nih pola tidur saya, nice share... :)

    ReplyDelete
  17. wah... harus evaluasi nih, lagi sering seringnya tidur malem...

    ReplyDelete
  18. semoga bisa meneladani apa yang dicontohkan Rasulullah saw. Aamiin :)

    ReplyDelete
  19. terimakasih pencerahannya sob, ternyata ngeri juga tidur terlalu malam dengan gejala penyakitnya yg diperoleh...

    ReplyDelete
  20. min, sepertiga malam itu sekitar jam berapa ya? dan apa boleh tidur lg?

    ReplyDelete
  21. Kebetulan gue yang kena nih.., kebiasaan begadang hampir tiap malam., terimakasih nasehatnya.

    ReplyDelete
  22. Katanya berbicara setelah shalat isya itu sangat dibenci rasul, benarkah?

    ReplyDelete
  23. wuih... keren..... sepertinya baiknya bikin jadwal yang enggak malem2... biar bisa tidur cukup dan tidak terlalu malam,,, ;)
    semoga para pekerja yang bekerja malam2, diberi kesehatan, dan keselamatan, karena bekerja demi kehidupan yang lebih baik ;)

    ReplyDelete
  24. kalau kerjanya tukang ronda, polisi malam, satpam komplek, supir truk, supir bus malam, supir travel, coba dipikir harus bagaimana? kalau ga kerja ga dapet duit buat hidup keluarga, kerja pun penghasilan pas2an, sudah itu resiko penyakit ini itu.. kalau dibalik, siang tidur cos malamnya kerja bagaimana?

    ReplyDelete
  25. haduwhh padahal aq gak pernah tidur malam :)

    ReplyDelete
  26. , Rasulullah gak pernah tidur terlalu malam karena dini harinya beliau qiyamul lail bahkan sampai kakinya bengkak karena lamanya beliau shalat..

    ReplyDelete
  27. Sangat bermanfaat info mengenai tidur yang tidak boleh terlalu malam.

    ReplyDelete
  28. Terima kasih kerana info yang bagus ini untuk diamalkan.

    ReplyDelete
  29. terima kasih Min Infonya.. saya mulai merasakan efeknya nih karna sering tidur larut malam :((

    ReplyDelete
  30. Waduh...saya tidur paling cepat jam 2an

    ReplyDelete
  31. Info yg sgt berguna.terima kasih atas peringatan.

    ReplyDelete
  32. setelah seharian beraktivitas, tubuh membutuhkan istirahat. Jika kita hendak lembur hendaknya setelah tidur terlebih dahulu seperti yang di contohkan Rasullulloh saw. Secara kesehatan jauh lebih baik dan secara berfikir otak menjadi lebih jernih

    ReplyDelete
  33. subhanalloh...sangat bermanfaat, ijin share ya, smg bermanfaat bagi yang lainya

    ReplyDelete
  34. Alhamdulilah ketemu pencerahan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  35. Mungkin krn itu jg ... suami kn diabetes

    ReplyDelete
  36. Waktu tidur/istirahat malam yang efektif menurut dunia kesehatan adalah pada pukul 22.00 atau pukul 10.00 (malam), karena kondisi tubuh kita mengalami proses pelepasan sel2 yang rusak dan diganti dengan sel2 yang baru yang lebih baik pada jam-jam antara 22.00 - 01.00 (dini hari). Jika pada jam2 itu kita memaksakan diri untuk bergadang, maka proses tersebut akan terganggu.

    Dan juga untuk penggunaan Air Conditioner (AC) di dalam ruang tidur alangkah lebih baik jika tidak terlalu dingin, agar pada saat kita tidur tubuh dapat menyempatkan untuk mengeluarkan keringat yang keluar bercampur dengan racun tubuh lainnya tidak terhambat oleh hawa dingin yang ekstrim.

    Dan khusus untuk perokok aktif, bilamana sebelum tidur maka sempatkanlah untuk mengolah pernapasan, hisap udara melalui hidung dan hembuskan melalui mulut. Dengan contoh : Hisap udara dalam2 melalui hidung, lalu tekan dan simpan dalam perut, lalu olah dari perut pompa naik ke dada (paru2), tekan pompa lagi ke perut lalu pompa dan hembuskan melalui mulut. Lakukan setidaknya 1x sampai dengan 3x saja untuk tiap malam hari sehabis merokok dan sebelum tidur.

    ReplyDelete
  37. Subhanallah, semoga bisa dipraktekkan.............bismillah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.