Header Ads

Aksi Bela Islam

Benarkah Wanita Tercipta dari Tulang Rusuk Pria? Ini Hasil Penelitian Genetika

Menikah - ilustrasi
Kita mungkin sering mendengar kalimat “wanita adalah tulang rusuk pria”, bahkan seringkali dikatakan istilah “tulang rusuk” untuk menggambarkan jodoh. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri mensabdakan dalam shahihain, “Sesungguhnya wanita tercipta dari tulang rusuk.”

Penelitian genetika yang dilakukan oleh sebuah tim dari Boulder Institute of Behavioral Science di Universitas Colorado membuktikan bahwa wanita dan pria yang menikah ternyata memiliki kesamaan genetika.

Dikutip dari Republika Online, pemimpin peneliti Benjamin Domingue mengatakan timnya meneliti genetika dari 825 pasangan menikah di Amerika yang dipilih secara acak. Peneliti membandingkan lebih dari 1,7 juta titik potensi kemiripan genetik. Salah satu pasangan cenderung memiliki kemiripan secara genetik dengan pasangannya, sehingga keduanya memiliki keyakinan untuk menikah.

"Kesamaan gen akhirnya mendorong hati kita dengan berbagai peluang dan struktur ketika menentukan dengan siapa kita akan menikah. Sebagai contoh, gen pula yang menentukan apakah calon pasangan Anda harus berbadan tinggi, berat badannya, latar belakang etnisnya, agama, hingga tingkat pendidikannya," ujar Domingue, dilansir dari Easy Good Health, Senin (9/6).

Kesimpulan ini kemudian diteliti lagi lewat model statistik untuk memahami perbedaan genetik antara populasi manusia yang tidak sedarah. Ada perbedaan kesamaan genetik antara pasangan yang menikah dengan saudara sekandung mereka. Kesamaan antara orang-orang yang sudah menikah hampir tidak sedalam saudara kandung.

"Saudara kandung rata-rata memiliki kesamaan genetik berkisar 40-60 persen, sedangkan rentang persamaan gen antara pasangan yang sudah menikah lebih kecil dari itu," ujar Domingue.

Pasangan menikah cenderung memiliki sifat genetik yang sama karena gen mereka membantu menentukan dengan siapa mereka akan bertemu selama hidup mereka. Orang-orang dengan gen yang mirip misalnya, akhirnya menginginkan pasangan dengan latar belakang pendidikan yang sama, misalnya sama-sama S1. Seseorang juga cenderung untuk menikahi pasangan yang mirip dengan diri mereka sendiri, dalam hal etnis, ras, dan ukuran tubuh.

Gen-gen juga membentuk perbedaan biologis yang lebih halus namun justru bisa saling menarik satu sama lain untuk saling menyukai lewat cara-cara yang tidak kita mengerti. Setidaknya, pasangan sudah menikah memiliki seperti kesamaan dalam hidup mereka.[ROL/bersamadakwah]

11 comments:

  1. Subhanallah...Begitu sempurna nya Allah mnciptakan segalanya...^_^

    ReplyDelete
  2. Apakah ada link atau jurnal aslinya? Soalnya saya orang genetika

    ReplyDelete
  3. dimana tulang rusuk ku selama ini ??

    ReplyDelete
  4. "Gen-gen juga membentuk perbedaan biologis yang lebih halus namun justru bisa saling menarik satu sama lain untuk saling menyukai lewat cara-cara yang tidak kita mengerti"

    waw :D

    ReplyDelete
  5. :v :v :v tulang rusuk ane kemane gan?

    ReplyDelete
  6. Mau nanya, bagaimana dengan yg beristri lebih dari 30 orang seperti yg terjadi di India, dari tukang rusuk mana saja istri-istrinya tersebut?

    ReplyDelete
  7. Saya pernah membaca bahwa dengan menjadi-suami istri yang selalu dekat dalam berhubungan akan menimbulkan persamaan genetika.

    ReplyDelete
  8. Ada yang mengatakan bahwa tulang rusuk tersebut hanya mazaji saja, tentu sebenarnya ada hikmah yang belum terungkap dari wahyu Allah tersebut. maha benar allah dengan segala firmannya..

    ReplyDelete
  9. Kebenaran hanya milik Allah dan Rosulnya :)

    Wallahu'alam bisshowab

    ReplyDelete
  10. Cocokologi atau ngarang bebas ini?
    Sumbernya mana (artikel atau bukunya)?

    ReplyDelete
  11. Jika memang itu merupakan sabda Rasul maka segala sesuatu itu benar karena segala ucapan Rasul, tindakan Rasul dan Ilmu Rasul berasal dari Allah Yang Maha Tahu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.