Header Ads

Jelang Aksi 112, Waspadai 3 Foto Hoax yang Banyak Disebar Musuh Islam Ini



Jelang dihelatnya Aksi Bela Ulama, Islam, dan Negara di Monas Jakarta pada Sabtu (11/2/17) mendatang, banyak kabar hoax yang disebar oleh berbagai oknum tidak bertanggung jawab.

Seperti 3 foto ini. Dalam banyak postingan, 3 foto ini disebutkan sebagai jamaah kaum Muslimin yang berjalan kaki dari Jombang Jawa Timur menuju Jakarta.

Berikut penulusan Tarbawia;

Aksi 411


Foto ini beredar sejak lama, saat Aksi Bela Islam II di depan Istana Presiden pada Jum'at (4/11/16). Aksi ini juga dikenal dengan aksi 411.

Foto-foto lain bisa dilihat di tautan berikut: demo 4 november ahok 

Persiapan Kafilah Ciamis


Foto ini juga bukan jamaah dari Jombang yang hendak menuju ke Jakarta untuk mengikuti aksi 112, melainkan ribuan santri dan kaum Muslimin yang berkumpul di Masjid Agung Ciamis Jawa Barat untuk melakukan long march menuju Jakarta untuk mengikuti Aksi Bela Islam III atau Aksi 212.

Di tautan Republika, foto ini diambil oleh Rizky Suryandika. Untuk mendapatkan banyak gambar serupa secara visual lainnya, silakan ketik 'aksi super damai 212' di mesin pencari.

Jalan Kaki Kafilah Ciamis


Foto ini juga bukan dari Jombang, tetapi Kafilah Ciamis yang sudah melakukan long march menuju Jakarta untuk mengikuti Aksi 212. Foto serupa bisa dilihat di Jilbaber dengan capture seperti di bawah ini:

Kafilah Ciamis menuju Jakarta (SS-TC)

Gambar-gambar serupa lainnya bisa didapatkan dengan mengetik 'Santri Ciamis Jalan Kaki' pada mesin pencari.

Waspada ya. Berlaku kritislah. Tabayunlah. Jangan asal share. Islam yang mulia bisa tercoreng jika umat Islam tidak cerdas dan bertindak bodoh dengan sebarkan hoax. [Om Pir/Tarbawia]
Powered by Blogger.