Bersama 3 Istri, KH M Arifin Ilham Beberkan 10 Jurus Ampuh Keluarga Sakinah

Pernikahan Ketiga Arifin Ilham
KH M Arifin Ilham bersama tiga istrinya (fb)



Pendiri sekaligus Pemimpin Majlis Az-Zikra KH. M. Arifin Ilham resmi menikah untuk ketiga kalinya. Dai kelahiran Banjarmasin ini menyebarkan kabar gembira tersebut melalui unggahan di akun fesbuk resminya pada Rabu (4/10/17).

Tak hanya memosting video bersama ketiga istrinya, dai yang masyhur dengan dzikirnya ini juga membeberkan 10 kiat ampuh bagi para suami-istri untuk menggapai rumah tangga yang sakinah.

Mengawali nasihat, Kiyai Arifin mengingatkan agar suami-istri dan anak-anak senantiasa berpegang teguh kepada Al-Qur'an, hadits dan meluruskan tujuan hanya untuk mendapatkan ridha Allah Ta'ala, 

"(Pertama) memagari benteng rumah tangga dengan sungguh-sungguh berpegang teguh pada Al-Qur'an dan As-Sunnah. (Kedua) tujuan utamanya ridha Allah dan kebahagiaan akhirat." tulis Kiyai Arifin melalui akun fesbuk resminya.

Suami dan para istri hendaknya benar-benar mencintai. Cinta yang tulus bisa membuat seorang kekasih melihat kekurangan yang dikasihinya sebagai sebuah keistimewaan atau ladang untuk berbuat kebaikan.

"Saling cinta benar-benar karena Allah sehingga memandang kekurangan pasanganpun adalah keistimewaannya. Semakin lama pernikahan semakin sayang, manja dan mesra." lanjut dai yang pernah digigit ular berbisa dan koma selama 21 hari ini.

Pada kiat keempat, Sang Kiyai menekankan pentingnya ide dan aktifitasnya  dalam berumah tangga sehingga antara suami dan para istri terjadi hubungan saling melayani, melindungi dan menyenangkan seluruh anggota keluarganya

Hal penting lain yang mustahil dilewatkan ialah makanan. Makanan halal merupakan jalan menuju sakinah. Sedangkan kuatnya keluarga digapai, menurut dai yang kini menetap di Sentul Bogor Jawa Barat ini, dengan saling mendoakan di sepertiga malam terakhir.



"(Kelima) makan dari rezeki yang halal. Halal (adalah) pintu sakinah. (Keenam) kekuatannya saling mendoakan di penghujung malam," terang Kiyai Arifin.

Sebagai sarana komunikasi dan saling menautkan hati, Kiyai Arifin merekomendasikan agar diadakan ta'lim pekanan di rumah kaum Muslimin. Suami harus mendidik secara langsung istrinya.

"(Ketujuh) minimal sepekan sekali (diadakan) tarbiyyah ahliyah (pembinaan keluarga) dengan duduk bersama, mengaji dan mengkaji Al-Qur'an dan As-Sunnah," papar ayah kandung Muhammad Alvin Faiz ini.

Tatkala suami atau istri melakukan kekeliruan, menurut Kiyai Arifin, hendaknya segera meminta maaf. Agar kesalahan lekas lebur dan tidan bertumpuk-tumpuk.

"(Kedelapan) segera minta maaf tatkala melakukan kesalahan," katanya menerangkan.

 Sebagai kiat pamungkas, dai yang kerap berbusana serbaputih ini menyampaikan keharusan mensyukuri nikmat dengan bersedekah dan senantiasa bertawakkal kepada Allah Ta'ala terkait semua urusan, setelah ikhtiar secara optimal.

"(Kesembilan) mensyukuri nikmat Allah dengan senang berbagi sedekah. (Kesepuluh) tawakkal yang penuh bahwa hanya Allah segala-galanya." pungkasnya.

Istri ketiga Kiyai Arifin Ilham merupakan wanita berdarah Sunda. Sosok yang dinikahi sebelum Hari Raya Idul Adha ini merupakan janda berusia 37 tahun dengan 2 anak. [Mbah Pirman/Tarbawia]

Powered by Blogger.