Header Ads

Aksi Bela Islam

Tausiyah Ramadhan 2013: Jiwa Pemberi

Siapa yang tidak mengasihi yang di bumi, tidak akan dikasihi oleh Yang Dilangit (Allah swt)" ~ Hadits Nabi saw.

Sikap suka berbagi rezeki dengan orang lain, terutama terhadap fakir miskin merupakan salah satu ciri orang yang taqwa. Tentunya hal ini dilakukan dengan niyat yang ikhlas, nothing to loose (tidak merasa ada yang hilang).

Dikisahkan pada suatu hari, Rasulullah saw. menyembelih seekor domba. Setelah dikuliti dan dipotong-potong, lalu beliau serahkan kepada Aisyah ra. isteri tercinta, untuk dimasak. Sebelum ke luar rumah untuk berdakwah, Rasulullah saw berpesan kepada Aisyah, agar daging domba tersebut juga dibagi-bagikan buat tetangga, fakir miskin dan shahabat yang membutuhkannya.

Sepulang Nabi saw dari berdakwah, perut beliau terasa lapar. Lalu bertanya kepada Aisyah, “Apa yang tersisa dari domba yang kita potong tadi pagi?”.

Dengan tersenyum Aisyah menjawab, “Sudah habis ya Rasulullah (sudah dibagi-bagikan kepada fakir miskin), tapi aku sisakan untukmu, sepotong daging paha depannya”.

Nabi saw tersenyum, “Engkau terbalik duhai isteriku, sesungguhnya yang sepotong paha inilah yang akan habis, sedangkan yang sudah engkau sedekahkan itu, akan kekal disisi Allah swt”.

Dari kisah diatas, dapat dipetik pelajaran, bahwa seseorang akan beroleh balasan pahala shadaqah berlipat ganda dari Allah swt, sesuai dengan apa yang pernah dia infakkan. Tentunya harus berasal dari yang halal.

Jadilah kita manusia yang suka memberi, jiwa orang bertaqwa, Allah swt pun menjamin balasannya. "Bukankah balasan bagi suatu kebaikan, adalah suatu kebaikan pula"~ QS Ar-Rahman:60.

Jadi, apabila kita berbuat kebaikan kepada manusia, biasanya manusia akan berbuat baik kepada kita. Jika kita berbuat baik bahkan kepada hewan atau tumbuh-tumbuhan, maka hewan dan tumbuhan itu pasti akan berbuat baik kepada kita.

Andai saja, manusia, hewan dan tumbuhan tersebut, tidak membalas kebaikan yang kita lakukan pada mereka, maka Allah swt. pasti akan membalasnya. Jadi sekali lagi, tidak aka ada yang hilang dari kebaikan-kebaikan yang kita perbuat. Semua pasti tercatat disisi Allah swt.

Kalau malas membajak sawah
Tentu hasilnya tak akan ada
Kalau ikhlas memberi sedekah
Tentu balasan berlipat ganda



Penulis : Tifatul Sembiring
Sumber: Ramadhan Antara




Untuk membaca kultum Ramadhan lainnya, silahkan klik
KUMPULAN KULTUM RAMADHAN 2013

2 comments:

Powered by Blogger.