Header Ads

Aksi Bela Islam

Mengapa Selain Puasa Asyura ada Puasa 9 dan 11 Muharram? Ini Hikmahnya Menurut Mazhab Syafi’i

Imam Syafi'i - ilustrasi
Selain puasa Asyura tanggal 10 Muharram, dalam hadits juga disebutkan adanya puasa Tasu’a. Yakni di tahun terakhir usia Rasulullah, beliau mengazamkan untuk juga puasa pada tanggal 9 Muharram. Namun, belum sampai tiba Muharram, beliau telah wafat.

Selain tanggal 9 dan 10 Muharram, dalam praktiknya ada pula ulama yang memfatwakan menambah puasa tanggal 11 Muharram. Mengapa demikian? Berikut hikmahnya seperti ditulis Syaikh DR. Mushthafa Al Bugha, Syaikh DR. Mushthafa Al Khann, dan Syaikh Ali al Syurbaji dalam Fikih Manhaji: Kitab Fiqih Lengkap Imam Asy Syafi’i:

“Adapun hikmah mengapa disunnakan berpuasa pada hari ke-9 dan ke-10 adalah demi menjaga kehati-hatian, sebab adakalanya terjadi kekeliruan saat menentukan awal bulan. Selain itu, puasa pada hari ke-9 juga sebagai pembeda antara umat Islam dengan orang Yahudi, sebab orang Yahudi biasa berpuasa pada hari ke-10. Oleh karena itu, disunnahkan berpuasa pada dua hari. Dan jika seseorang luput mengerjakan puasa pada hari ke-9, maka dianjurkan baginya untuk berpuasa pada hari ke-11 demi menjaga perbedaan dengan orang Yahudi.” [bersamadakwah]

17 comments:

  1. itu di gambar, siapa namanya???

    ReplyDelete
  2. Jawab: raja saudi....penting amat gambar ditanyain...

    ReplyDelete
  3. ane pernah ketemu dia di mimpi...

    ReplyDelete
  4. ehh gak jadi, gak mirip orgnya...

    ReplyDelete
  5. Jdi rosullah blm pernah melakukan puasa asura kan

    ReplyDelete
  6. Jdi rosullah blm pernah melakukan puasa asura kan

    ReplyDelete
  7. Sudah, yang belum sempat itu puasa Tasu'a ^^

    ReplyDelete
  8. Disunnahkan untuk menambah puasa Asyura dengan puasa pada hari sebelumnya, yaitu tanggal Sembilan Muharram yang dikenal dengan hari Tasu’a. Tujuannya, untuk menyelisihi kebiasaan puasanya ahlul Kitab.

    Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma, beliau berkata, “Ketika Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wasallam berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa padanya, mereka menyampaikan, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya hari itu adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nashrani.’ Lalu beliau Shallallaahu 'Alaihi Wasallam bersabda, ‘Kalau begitu, pada tahun depan insya Allah kita berpuasa pada hari kesembilan’. Dan belum tiba tahun yang akan datang, namun Nabi Shallallaahu 'Alaihi Wasallam sudah wafat.” (HR. Muslim, no. 1916)

    ReplyDelete
  9. lalu? bagaimana jika kita hanya puasa asyura dan tidak puasa tasu'a?
    soalnya baru tau nih:(

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum...
    Kalau 9 Muharram sudah puasa, apa tanggal 11 Muharramnya puasa juga?

    ReplyDelete
  11. @DIAH AJJA: Jika hanya bisa melakukan puasa Asyura itu lebih baik daripada tidak puasa sama sekali
    @Yoga Faridyan: Menurut Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah, berpuasa 9,10,11 Muharram itu yang terbaik. Wallahu a'lam bish shawab

    ReplyDelete
  12. Beberapa amalan puasa Sunnah Disunatkan puasa 6 hari pada bulan Syawwal, 3 hari pada setiap bulan (yang afdhal yaitu tanggal 13, 14 dan 15; disebut shaumul biidh), hari Senin dan Kamis, 9 hari pertama bulan Dzul Hijjah (lebih ditekankan tanggal 9, yaitu hari Arafah), hari 'Asyura (tanggal 10 Muharram) ditambah sehari sebelum atau sesudahnya untuk mengikuti jejak Nabi dan para sahabatnya yang mulia serta menyelisihi kaum Yahudi.........Yukkk berpuasa as-syura' yukkk...salam. Mitra Penerjemah

    ReplyDelete
  13. Semoga kita bisa lebih memantapkan amal ibadah khususnya di bulan Muharam ini dengan mempelajari berbagai macam ilmu Islam termasuk ilmu fiqih.

    ReplyDelete
  14. Ikut yg tgl 9 sjlah nyunah.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah. . . .
    Sykr bc artikel ini, ,
    syukron ya.
    Nambh wwsn.
    Blm smpat puasa d tgl 9&10 muharram,d krnkn lg skit.
    Smg esok Allah msh mmbrkn ksmptn untk puasa d tgl 11 muharram.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah, , ,
    nmbh wwsn,
    syukron ya.

    Msk blm smpat puasa d tgl 9&10 Muharram.
    D krnkn blm bs puasa.
    Smg Allah msh mmbrkn ksmptn esok.
    Aamiin

    ReplyDelete

Powered by Blogger.