Header Ads

Aksi Bela Islam

Waktu Terbaik Shalat Dhuha, Jam Berapa?

Shalat Dhuha (ilustrasi dari anjumfz.info)
Seperti dijelaskan sebelumnya, shalat Dhuha memiliki 3 keutamaan yang luar biasa. Lalu, kapan waktu terbaik shalat dhuha? Berikut ini hadits-hadits dan penjelasan waktu terbaik shalat Dhuha.

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ
Bahwasanya Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan shalat Dhuha (di awal pagi). Dia berkata, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’” (HR. Muslim)

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْماً يُصَلُّونَ فِى مَسْجِدِ قُبَاءٍ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِه السَّاعَةِ أَفْضَلُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ صَلاَةَ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ
Bahwasanya Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan shalat Dhuha di masjid Quba. Dia berkata, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Ketika menjelaskan hadits riwayat Muslim di atas dalam Nuzhatul Muttaqin, Syaikh Musthafa Al Bugha, Syaikh Musthafa Said Al Khin, Syaikh Muhyidin Mistu, Syaikh Ali Asy Syirbaji dan Syaikh Muhammad Amin Luthfi mengatakan: “Waktu shalat dhuha dimulai sejak matahari beranjak tinggi sampai matahari mendekati posisi tengah. Tapi, yang paling utama adalah saat matahari meninggi dan sudah terasa panas.”

Kalau di Indonesia, waktu terbaik Shalat Dhuha yang dimaksudkan dalam hadits dan penjelasannya di atas adalah sekitar pukul 9 WIB untuk DKI Jakarta, pukul 8.30 WIB untuk Surabaya. Sedangkan daerah lainnya menyesuaikan, bisa melihat jadwal shalat yang telah banyak tersedia baik cetak maupun online.

Para ulama tersebut juga menjelaskan hikmah waktu terbaik shalat Dhuha ini. Mereka mengatakan: “Hikmahnya, agar menjauh dari waktu terlarang untuk shalat, yaitu saat matahari terbit.”

Wallahu a’lam bish shawab. [Abu Nida]

10 comments:

  1. Alhamdulillah,,, mudah-mudahan kita semua adalah hamba-hamba NYA yg slalu dapat menjalankan semua perintah Allah SWT, baik semua shalat wajib atau semua shalat sunnah yg semuanya sangat bermamfaat buat kita didunia maupun diakhirat nantinya amin,, yra

    ReplyDelete
  2. terimakasih untuk pengetahuannya

    ReplyDelete
  3. Batas akhirnya sampai jam berapa ya? kalo sholatnya pukul 10 apakah masih bisa? Terima kasih. Lokasi di sekitar Surabaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insya ALLAH msh bisa...

      Delete
  4. saya sering shalat dhuha jam setengah 8 sebelum berangkat ke kantor, apakah ini di perbolehkan ??? terimakasih untuk jawabannya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih buat informasinya..semoga kita semua selalu dirahmati Allah.amin

    ReplyDelete
  6. makasih banyak saya jad gk was2 lg kl dhuha

    ReplyDelete
  7. pakai jam matahari aja, cepat ketahuan...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.