Header Ads

Aksi Bela Islam

Foto Ini Penampakan Wajah Seram di Atas Letusan Gunung Kelud atau Lafadz Allah? Awas Syirik!

Foto letusan Gunung Kelud (Detik.com)
Mungkin hanya di Indonesia, umat Islam mudah mengaitkan peristiwa dengan hal-hal mistis. Di hampir setiap kejadian besar, baik kematian tokoh maupun bencana, beredar keyakinan adanya penampakan “sesuatu”. Tidak terkecuali saat meletusnya Gunung Kelud.

Sejumlah pengguna internet, Jum’at (14/2), mengklaim foto ini adalah penampakan wajah angker di langit saat Gunung Kelud meletus. Foto yang sebenarnya hasil jepretan Alif, wartawan Detik, ini pun menjadi cukup populer di Kaskus, bahkan diposting beberapa kali oleh TS. Di Facebook, foto ini juga beredar dengan keterangan “penampakan.”

Jika dipersepsikan membentuk wajah angker, dengan cara memutar gambar 30 derajat berlawanan arah jarum jam, memang akan didapatkan gambar yang agak mirip dengan wajah. Tentu saja, sangat tidak jelas dan harus dimirip-miripkan. Padahal, dalam satu gambar perpaduan warna hasil kombinasi kilatan petir, lava pijar dan kepulan abu vulkanik seperti ini, bisa saja dimirip-mirikan dengan bentuk yang lain. Misalnya, lafadz Allah. Yakni dengan memutar foto tersebut 60 derajat searah jarum jam. Tentu saja, sama dengan cara sebelumnya, tidak jelas dan harus dimirip-miripkan.
Bisa dimirip-miripkan dengan wajah angker. Bisa dimirip-miripkan dengan lafadz Allah. Awas, jangan syirik.

Yang juga perlu diketahui, satu detik peristiwa seperti letusan Gunung Kelud tersebut bisa menghasilkan ratusan foto yang berbeda. Sehingga, sangat mungkin dari ribuan foto yang berhasil dipotret akan didapati foto yang mirip dengan bentuk sesuatu.

Lebih dari itu, yang terpenting adalah mewaspadai adanya campur tangan syetan dalam memandang foto-foto tersebut. Jika “penampakan” dalam foto hanya dipandang sebagai sebuah “hiburan”, mungkin tidak masalah. Namun jika telah disertai dengan keyakinan yang bertentangan dengan aqidah Islam atau mengaitkan peristiwa tersebut dengan hal-hal mistis, inilah yang perlu diwaspadai. Jangan sampai kita justru terjebak pada kesyirikan.

Keyakinan yang seharusnya tertanam adalah sebagaimana firman Allah:

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنْفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ نَبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. Al Hadid : 22)

[IK/bersamadakwah]

10 comments:

  1. Ini post yang bisa membuat orang syirik....mohon diralat

    ReplyDelete
  2. Wajah angker? liatnya darimana? Ada2 aja orang indonesia, ntar dibilang bodoh malah marah

    ReplyDelete
  3. Aldi ati ati kalo ngomong,,
    kalo mau ngatain orang yang tepat,, jangan bawa bawa orang indonesia_
    emang lu orang mana ????? dasar

    ReplyDelete
  4. kita harus waspada, banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kejadian seperti ini

    ReplyDelete
  5. Mereka-reka bentuk terhadap suatu foto abstrak disebut dengan istilah Pareidolia.

    PAREIDOLIA sebuah fenomena psikologis yang melibatkan stimulus samar-samar dan acak (seringkali sebuah gambar atau suara) yang dianggap penting.

    Mudahnya ini adalah sebuah khayalan psikologis terhadap suatu gambar acak atau abstrak. Hal ini bisa terjadi dalam banyak hal tidak hanya foto-foto kejadian fenomenal.

    Bahkan hasil cat basah yang memudar ditembok pun bisa diimajinasikan.

    ReplyDelete
  6. Pertanda kurangnya iman jika mengaitkan hal-hal ini dgn ssuatu yg mistik

    ReplyDelete
  7. mikir gambar kayak gitu sbg tanda org yg kebanyakan menghayal; coba kalian guyurkan air ke dinding kamar mandi, perhatikan dg seksama, pasti akan muncul gambar neko-neko..

    ReplyDelete
  8. Bisa menimbulkan banyak fitnah, tolong diralat lagi. Semoga Postingannya bisa lebih bermanfaat bagi orang banyak dan masuk akal bagi semua kalangan.

    ReplyDelete
  9. AL-QUR'AN tuh mujizat paling tinggi, lah ini percayanya sma hal" yg berbau mistik

    hadeeeeeeeeh #TEPOK JIDAT

    ReplyDelete
  10. aduuh ini apaan2 sih?!
    norak bener ah
    Sejumlah pengguna internet yg mengklaim foto itu adalah penampakan wajah angker adalah orang2 tolol.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.