Header Ads

Aksi Bela Islam

Enam Kunci Keberkahan Hidup

ilustrasi @Plusgoogle 

Banyak kita melihat orang yang mengeluh dalam kehidupan, sekalipun secara zahir mereka semakin membaik dalam taraf kehidupan dan perekonomian.

Mereka mempunyai kekayaan, tapi tidak merasa cukup dan jauh dari kebahagiaan. Sosoknya memiliki istri, tapi tidak rukun. Orang-orang itu memiliki anak, tapi selalu mendatangkan masalah.

Perasaan sibuk sekali bekerja, tapi tidak kelihatan hasil atau minim pendapatan. Mereka menguasai ilmu, tapi tidak kelihatan amal atau bingung harus berbuat apa. Mereka juga luas pergaulannya, tapi sering cek-cok dengan orang lain. Badannya sehat, tapi selalu gelisah tidak menentu. Ada pekerjaan, tapi tidak menjadikan perasaan tenang menghadapinya.

Itu semua menunjukkan tidak adanya keberkahan dalam hidup. Padahal, keberkahan itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Keberkahan bisa mengubah yang sedikit menjadi banyak, yang sempit menjadi luas, yang kurang menjadi cukup, yang susah menjadi mudah, yang pahit menjadi lezat.

Untuk mendapatkan keberkahan itu, jalannya bisa dengan enam hal berikut:

1. Ridha terhadap apa yang dikaruniakan Allah Swt.

2. Shalat Subuh berjama'ah.

3. Hidupkan sunnah Rasulullah Saw dalam rumah tangga. Terutama dalam tiga hal: makan bersama, ucapkan salam sebelum masuk rumah dan perbanyak tilawah al-Qur'an.

4. Sederhana dalam belanja rumah tangga, jauhi berlebih-lebihan dan mubazir.

5. Hubungkan silaturrahim dan berbuat baik kepada kedua orangtua.

6. Sedekahkan sebagian rezki yang diberikan Allah Saw.

(Ringkasan khutbah Jum'at di Masjid As-Salam Hay 'Asyir Nasr City Cairo, oleh Syekh Muhammad Makky, 10 Oktober 2014) [Zulfi Akmal]

2 comments:

  1. Ringkasan yang cukup bermanfaat, sekiranya keberkahan itu dapat kita peroleh di sebanyak mungkin sisi kehidupan maka niscaya tidak akan sulit untuk mencari ketenangan hidup.

    ReplyDelete
  2. Afwan ya admin... Bukan Allah SAW tapi Allah SWT.. Syukron

    ReplyDelete

Powered by Blogger.