Header Ads

Aksi Bela Islam

Mengambil Hikmah dari Landak untuk Kelanggengan Persahabatan

Persahabatan @rolldotsohu

Dikisahkan, ada sekelompok landak yang menghadapi terpaan musim dingin yang hebat.

Untuk mengatasi hal itu, mereka saling berdekatan sampai berdempet-dempetan demi mengusir hawa dingin. Namun, sayang sekali, bulunya yang lebih cocok disebut duri itu saling menusuk satu sama lainnya.

Karenanya, mereka kembali saling menjauh. Saat itu, hawa dingin kembali menyiksa mereka. Mereka harus memilih antara pedih kena duri akibat saling berdempetan atau terkena terpaan udara dingin.

Untunglah akhirnya mereka mendapatkan solusi yang terbaik. Caranya, mereka saling berdekatan, namun terukur. Sehingga mereka bisa mendapatkan kehangatan dan aman dari tertusuk duri.

Kemudian, mereka pun saling mendekat dengan kedekatan yang tidak saling menyakiti. Dan saling menjauh dengan jarak yang tidak membuat mereka dihantam oleh dingin nan mencekam.

Apa yang dilakukan oleh Landak dalam kisah ini, tak ubahnya bagai persahabatan yang kita jalin. Supaya persahabatan tetap langgeng, kita harus saling menjaga jarak dengan orang yang kita cintai. Jarak itu tak ubahnya dua garis yang berdampingan seperti rel kereta api; tidak berbenturan hingga saling memotong, dan tidak saling menjauh sampai terpisah.

Seperti inilah hakikat pertemanan. Bagai dua garis yang saling berdampingan. Sederhana dalam segala hal itu, amat dituntut.

Dalam sebuah hadits dhaif tapi maknanya shahih, Rasulullah Saw berkata,

زر غبا تزدد حبا

Berziarahlah secara berkala, karena hal itu akan menambah rasa cinta. [Zulfi Akmal - Kairo]

No comments

Powered by Blogger.