Header Ads

Aksi Bela Islam

Mukjizat Orangtua Sempurnakan Suksesmu

ilustrasi @keluargabaru 

Berbakti kepada orangtua adalah amalan yang amat besar pahalanya di sisi Allah Swt. Amalan ini merupakan salah satu perintah unggulan Allah Swt yang letaknya tepat di bawah perintah menaati Allah Swt kemudian Rasul-Nya Saw.

Berbakti kepada orangtua merupakan salah satu manifestasi dari benar atau tidaknya tauhid seseorang. Buktinya, dalam banyak ayat, perintah berbakti kepada orangtua selalu digandengkan dengan perintah untuk membersihkan tauhid atau larangan untuk berlaku syirik kepada Allah Swt.

Dari sinilah kesempurnaan bakti kepada orangtua bisa dilakukan oleh seorang anak. Bahwa ini merupakan amal shalih perlambang lurusnya tauhid. Dengan demikian, pondasi bakti ini akan senantiasa kokoh selama keyakinan akan keesaan Allah Swt kian terjaga. Sebaliknya, ketika tingkat keimanan seseorang menurun, maka baktinya kepada orangtua juga akan berkurang bahkan hilang.

Selanjutnya, perintah berbakti ini tidak hanya ditujukan kepada anak atas orangtuanya. Namun berlaku pula sebaliknya. Orangtua juga diperintahkan untuk memenuhi hak anak-anaknya. Jika tidak, maka orangtua telah berlaku durhaka kepada anak-anaknya.

Di dalam buku ini, hak anak atas orang tuanya diantaranya adalah tiga hal: dipilihkan ibu yang baik, diberikan nama yang baik dan diajarkan kepadanya al-Qur’an. Jika ketiga hal ini tidak terpenuhi, maka orangtua telah mendurhakai anaknya. (h. 48)

sampul buku Ada Surga di Rumahmu
Ketika dua kesadaran saling berbakti ini sudah terbentuk, maka rumah akan menjadi surga bagi penghuninya. Inilah yang menjadi esensi dari tujuan berkeluarga. Bahwa orangtua memiliki visi dan misi menjauhkan anggota keluarganya dari api neraka. Dan anak pun menurut untuk mengikuti program orangtuanya agar dijauhkan dari siksa neraka nan menyala panasnya.

Dalam bagian ini, penulis banyak mengisahkan tentang kisah kecilnya yang sudah dididik oleh ayahnya –yang juga seorang kiyai- untuk menjadi dai. Bukan sekedar dai kampung, tapi dai nasional dan mancanegara. Dikisahkan oleh penulis, bahwa di usianya yang baru beranjak 11-12 tahun, beliau sudah diajarkan oleh orangtuanya untuk berdakwah di Malaysia. (h. 98)

Apa yang terdapat dalam bahasan di bagian ini semakin sempurna karena dilengkapi dengan bahasan selanjutnya tentang kiat menjadikan rumah agar terasa seperti surga. Kemudian diakhiri dengan penutup yang merupakan kesimpulan besar dari tema berbakti kepada orangtua.

Buku ini, bertambah asyik karena disajikan banyak kisah di dalamnya. Penulis juga menggunkan sapaan Bro and Sis sebagai salah satu tafsir bahwa buku ini ditujukan untuk pemuda. Kisah sederhana yang disajiakn dalam bentuk intermezzo, semakin melengkapi kemudahan penyajian buku sehingga bisa dibaca dan sangat aplikatif bagi siapa saja yang mau mempraktekannya. Ditambah lagi dengan hadirnya kesimpulan dalam setiap babnya, sehingga amat direkomendasikan bagi kaum muslimin yang berniat masuk surga melalui pintu berbakti kepada orangtuanya. [pirman]

Judul : Ada Surga di Rumahmu Mukjizat Orangtua Sempurnakan Suksesmu
Penulis : Ahmad Al-Habsyi
Penerbit : Noura Books - Jakarta
Tebal : 151 hlm
Cetakan : I, Juni 2014
ISBN : 978-602-1306-41-3

No comments

Powered by Blogger.