Strategi Dakwah: Sebuah Definisi


Seri strategi dakwah ini akan dimulai dengan pembahasan definisi. Pertama, kita akan mengetengahkan definisi strategi. Kedua, definisi dakwah. Dan ditutup dengan kesimpulan definisi strategi dakwah.

DEFINISI STRATEGI

Istilah strategi berasal dari kata Yunani "strategos", yaitu jendral dalam militer. Satu definisi umum dalam kamus adalah suatu “prosedur untuk mencapai tujuan” [Ostad, S.A. (1997a). Strategies competence: Issues of task-specific strategies in arithmetic. Nordic Studies in Mathematics Educations, 3, 7-32.]

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, strategi didefinisikan sebagai :
1. Ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai;
2. Ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yg menguntungkan: sebagai komandan ia memang menguasai betul -- seorang perwira di medan perang;
3. Rencana yg cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus;
4. Tempat yang baik menurut siasat perang;

Dalam Oxford Pocket Dictionary, strategi didefinisikan sebagai :
1. Seni perang, khususnya perencanaan gerakan pasukan, kapal, dan sebagainya menuju posisi yang layak;
2. Rencana tindakan atau kebijakan dalam bisnis atau politik dan sebagainya.

Menurut Djoko Luknanto (UGM, 2003, http://luk.staff.ugm.ac.id) strategi adalah:
“The science and art” untuk memanfaatkan faktor-faktor lingkungan eksternal secara terpadu dengan faktor-faktor lingkungan internal untuk mencapai tujuan lembaga.

Dari berbagai definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa strategi adalah:
Cara atau metode terbaik untuk mencapai tujuan atau beberapa sasaran dengan memanfaatkan faktor-faktor lingkungan eksternal secara terpadu dengan faktor-faktor internal.

DEFINISI DAKWAH

Ad-da’watu (الدعوة) berasal dari kata da’aa – yad’uu (يدعو - دعا). Kata ini punya arti: طلب thalaba (meminta), حث على hatstsa ‘alaa… (menganjurkan kepada…) dan ساق إلى saaqa ilaa… (menuntun kepada…) [kamus Al-mu’jamul Wasith, hal.698)

Dalam dunia pergerakan dakwah, makna dakwah yang cukup populer adalah :
دعوة الناس إلى الله بالحكمة والموعظة الحسنة حتى يكفروابالطاغوت ويؤمنوا بالله ليخرجوا من ظلمات الجاهلية إلى نور الإسلام
Mengajak manusia kepada Allah dengan hikmah dan nasihat yang baik, sehingga mereka meninggalkan thaghut dan beriman kepada Allah agar mereka keluar dari kegelapan jahiliyah menuju cahaya Islam.

Dengan demikian titik akhir atau ghayatul ghayah dari dakwah adalah menyemai (baca : merealisasikan) kehendak-kehendak Allah SWT di bumi.

DEFINISI STRATEGI DAKWAH


Jadi, Strategi Dakwah adalah :
Cara atau metode yang efektif mengajak manusia kepada (ajaran) Allah sehingga terealisasilah kehendak-kehendak Allah SWT di muka bumi.
Powered by Blogger.