$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Ujian Keimanan

Kemarin kami dikejutkan dengan sebuah berita. Saat itu Maghrib menjelang tiba. Kami mendapat berita bahwa kawan kami masuk rumah sakit. Ia ...


Kemarin kami dikejutkan dengan sebuah berita. Saat itu Maghrib menjelang tiba. Kami mendapat berita bahwa kawan kami masuk rumah sakit. Ia menikah belum genap satu tahun. Ia hamil juga belum genap enam bulan. Saat kami sampai di rumah sakit, kami mendapatkan cerita dari sang ibu. Kawan kami melahirkan pada usia kandungan keenam. Namun, belum setengah jam si kecil itu memasuki dunianya yang baru, ia telah meninggalkan dunia barunya itu untuk selamanya. Sang suami tengah memakamkan buah hatinya di Bojonegoro, saat kami ada di rumah sakit itu.

Ini bukan kali pertama ujian bagi mereka, pasangan muslim muda yang memiliki komitmen keislaman di tengah materialisnya kehidupan. Beberapa waktu sebelumnya, mereka ditipu ketika tengah merintis usahanya. Uang Rp.30 jutaan raib. Begitu saya dengar dari kawan dekatnya.

***

Orang-orang yang beriman memang tidak bisa melepaskan diri dari hal yang satu ini: ujian keimanan. Melalui proses inilah Allah hendak membuktikan keimanan sesungguhnya dari setiap orang yang mengatakan "aamannaa", kami telah beriman. Dengan metode inilah Allah memisahkan emas dan loyang; keimanan yang sesungguhnya dan keimanan yang sekedar pengakuan verbal. Karenanya Allah SWT berfirman :
أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آَمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ [العنكبوت/2]
Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan mengatakan "kami telah beriman" sementara mereka tidak diuji? (QS. Al-Ankabut : 2)

Dalam hal apa manusia diuji adalah perkara lain. Namun yang pasti, semua manusia beriman akan mendapatkan ujian. Ada yang diuji dengan cinta, popularitas, dan harta sebagaimana dalam tiga manusia dan ujian-Nya. Ada pula yang diuji dengan berbagai kesusahan seperti yang dialami kawan saya dalam cerita di atas.

Kalau kita perhatikan, para Nabi sebagai manusia-manusia terbaik juga tidak lepas dari ujian semacam ini. Bahkan, sebagaimana mereka adalah model keimanan, mereka juga menjadi model bagi obyek ujian keimanan. Maka, sejarah meninggalkan pesan kepada kita bahwa mereka ditimpa oleh ujian-ujian terberat sepanjang sejarah kehidupan manusia. Nabi Ayyub diuji dengan penyakit yang sangat berat. Nabi Ibrahim harus berhadapan dengan ayahnya dan 'lautan api' hukuman Namrudz, raja yang menolak dakwahnya. Nabi Nuh harus melalui 950 tahun dengan penuh kesulitan dan hasilnya, hanya beberapa orang yang beriman, selebihnya menjadi musuh dan para pencela. Apalagi Nabi Muhammad. Ujiannya dalam menyebarkan nilai-nilai Ihaliah teramat banyak untuk disebutkan; ada celaan, intimidasi, lemparan batu, sampai upaya pembunuhan. Semua ini bermuara kepada satu hukum: semakin besar keimanan seseorang, semakin berat pula ujiannya. Inilah makna hadits :

سئل النبي صلى الله عليه و سلم أي الناس أشد بلاء قال الأنبياء ثم الأمثل فالأمثل
Nabi SAW ditanya : "Siapa manusia yang paling berat ujiannya?" beliau menjawab : "Para nabi, kemudian baru orang yang lebih dekat derajatnya kepada mereka berurutan secara bertingkat." (HR. Tirmidzi)

Kawan saya yang telah kehilangan uang dan bayi laki-lakinya terus berupaya bersabar atas ujian-ujian yang menimpanya. Ia ingin melakukan apa yang dicontohkan para Nabi sebagaimana ia ingin mendapatkan seperti apa yang dianugerahkan Allah kepada mereka. Kawan saya kini bersabar, dan sedang menunggu pahala. Dengan izin Allah.

مَا يَزَالُ الْبَلاَءُ بِالْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنَةِ فِى نَفْسِهِ وَوَلَدِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ
Ujian yang tiada henti-hentinya menimpa kaum mukmin laki-laki dan perempuan, baik yang mengenai dirinya, hartanya, anaknya, tetapi ia tetap bersabar, ia akan menemui Allah dalam keadaan tidak berdosa (HR. Tirmidzi)

Sabarlah wahai kawanku, kami mendoakanmu… [Muchlisin]
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,63,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,23,Feature,277,Fiqih,68,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,55,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,84,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,19,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,87,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,121,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Ujian Keimanan
Ujian Keimanan
http://4.bp.blogspot.com/_lLTNuSLRkEU/Sh3jzkC-HgI/AAAAAAAAAhw/NQ68AwLDNRA/s200/Ujian+keimanan.JPG
http://4.bp.blogspot.com/_lLTNuSLRkEU/Sh3jzkC-HgI/AAAAAAAAAhw/NQ68AwLDNRA/s72-c/Ujian+keimanan.JPG
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2009/05/ujian-keimanan.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2009/05/ujian-keimanan.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content