Hadits Shahih Bukhari Beserta Terjemah dan Penjelasan Singkat


Hadits merupakan sumber hukum Islam kedua setelah Al-Qur'an. Hadits juga merupakan satu dari dua pusaka yang diwariskan Rasulullah kepada umatnya. Siapa yang berpedoman pada keduanya tidak akan tersesat selama-lamanya. Sedangkan kitab Shahih Bukhari merupakan kitab hadits paling terpercaya dan menjadi referensi utama umat Islam dalam hadits.

Sayangnya, belum dijumpai hadits Shahih Bukhari beserta terjemah dan penjelasannya dalam bahasa Indonesia dalam bentuk online. Sementara kebutuhan akan hal itu cukup besar. Dalam minggu ini misalnya, ada teman yang meminta link hadits tersebut. Selain itu juga ada beberapa orang yang kami ketahui mencari hadits Shahih Bukhari dan Terjemahnya dalam bahasa Indonesia di internet, tetapi belum mendapat hasil yang memuaskan.

Dari latar belakang itulah, kami berniat menghadirkan rubrik baru yang berisi Hadits Shahih Bukhari beserta terjemah dan penjelasannya secara singkat dalam bahasa Indonesia. Hadits ini insya Allah akan disajikan berseri, urut sesuai Kitab Shahih Bukhari adanya. Sedangkan penjelasannya akan banyak kami ringkas dari Fathul Baari karya Ibnu Hajar Al-Asqalani, dengan ditambah beberapa referensi lain yang mendukung. Mungkin ini bisa disebut Mukhtashar Fathul Baari (Ringkasan Fathul Bari) versi Tarbawia.

Kepada Allah SWT kami memohon pertolongan agar rencana ini bisa terealisir dengan baik. Dan semoga bermanfaat bagi umat, khususnya umat Islam pengguna internet yang mencari Hadits Shahih Bukhari beserta terjemah dan penjelasannya. Wallaahu a'lam bish shawab.

Powered by Blogger.