$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Ternyata Dia Ikhwah

Ini pengalaman seorang pemilik counter pulsa pada pekan ini. Sesudah magrib, ada seorang pemuda yang datang untuk mengisi pulsa. Karena tida...

Ini pengalaman seorang pemilik counter pulsa pada pekan ini. Sesudah magrib, ada seorang pemuda yang datang untuk mengisi pulsa. Karena tidak ada voucher seperti yang ia inginkan, pemuda ini mengiyakan ketika pemilik counter menawarkan pulsa eletrik.

”Kok belum masuk ya Pak?” tanya pemuda ini pada pemilik counter setelah menunggu beberapa menit.
”Tunggu sebentar lagi, Mas.”
Benar. Kurang dari 5 menit kemudian HP pemuda tadi bergetar. Sebuah pesan masuk. ”Pulsa Anda bertambah Rp. 50.000” demikian isi SMS tersebut.

Malam harinya, pukul 23.00, pemilik counter dikejutkan oleh SMS baru. Ternyata pulsanya berkurang lagi. ”Berarti dobel tadi waktu aku melayani isi pulsa.” Bisa dibayangkan bagaimana perubahan raut wajah pemilik counter ini. Counternya kecil, sederhana. Keuntungan dari pulsa tidak seberapa jika harus dibandingkan dengan kerugiannya Rp. 50.000. ”Besuk pagi kutelepon pemuda itu.” begitu rencananya sebelum tidur.

Esoknya, ia telpon nomor pemuda yang dimaksud. ”Mas, ini dari counter X, Mas kemarin yang isi pulsa di counter saya ya?”
”Iya”
”Itu pulsanya kedobelan Mas”
”Oo... saya belum ngecek Pa. Coba saya cek pulsa dulu ya.”

Karena sibuk, pemilik counter tidak tahu bahwa pemuda tadi telah menelepon balik. Ia tahunya setelah membuka HP dan ada panggilan tak terjawab. Dari pemuda tadi. Ia pun menelepon langsung.
”Bagaimana Mas?”
”Iya, Pak. Pulsanya dobel. Terus bagaimana saya mengembalikannya, cara mentransfernya, atau saya ke counter Bapak nanti ya?” pemuda tadi berjanji datang.

Sekitar pukul 11 pemuda tadi benar-benar ke counter. Ia membawa Hpnya. ”Ini Pak. Bagaimana cara mentransfer kembali pulsanya Pak?”
”Tidak bisa ditransfer Mas.”
”Terus bagaimana Pak?”
”Ya, Mas bayar kapan-kapan saja nggak papa. Itu kesalahan saya”
”Tidak Pak. Saya bayar sekarang saja kalau begitu.”
”Alhamdulillah... untung pemuda itu jujur dan mau membayar” pemilik counter bersyukur dalam hati saat pemuda tadi sudah pergi. Ia perhatikan pemuda tadi, ternyata ia masuk ker rumah peduli. ”Oo.. ternyata dia aktifis dakwah. Ikhwah” Pemilik counter pun menjadi semakin percaya pada dakwah.

Kader dakwah adalah media utama dakwah (I’lam asasi). Ketika kader dakwah melakukan kebaikan-kebaikan dalam rangka memenuhi perintah Allah, tanpa diminta pun ia sudah memberikan pencitraan yang baik bagi dakwah. Saat kader dakwah berlaku jujur sebagai implementasi Islam yang ia yakini, tanpa dipublikasikan pun, itu sudah menjadi catatan positif masyarakat yang mengetahuinya. Ketika kader dakwah beramal, pada waktu yang sama sesungguhnya ia menebar aroma harum Islam di medan di mana ia berada.

Masyarakat juga tidak buta. Banyak dari mereka yang memiliki nurani bersih. Mereka adalah para penilai yang hebat. Saat mereka melihat kebaikan seseorang, ia segera mengaitkannya dengan institusi atau atribut yang dipakai orang itu. Maka kebaikan kader dakwah akan menjadi tabungan citra positif dalam benak masyarakat. Sementara kesalahan dan kejelekan kader dakwah menjadi semacam kredit yang mengurangi citra itu, menggerusnya, bahkan bisa mengubahnya menjadi stigma negatif. Jika demikian yang terjadi, sungguh masa depan dakwah akan suram.

Apa yang dilakukan pemuda tadi, yang ternyata adalah ikhwah, sebenarnya bukan hal yang aneh dalam komunitas dakwah. Tapi bagi orang umum seperti pemilik counter di atas, hal itu adalah sesuatu yang langka. Jarang orang jujur saat ini, dalam perspektifnya. Maka begitu tahu ia adalah ikhwah, kepercayaannya semakin besar pada dakwah. Kita, sudahkah berupaya selalu melakukan ibadah dan amal shalih? Jika itu kita lakukan tanpa menghiraukan orang lain, sesungguhnya kita telah menanam citra yang positif bagi dakwah. [Muchlisin]
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,281,Featured,3,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,78,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,89,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Ternyata Dia Ikhwah
Ternyata Dia Ikhwah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRKk-gKkLpJkt6LbeyEzNXinoYmHKUQH_yAjK0rNzCRAxsFYg-jTb1a8Y9_A9_Ow46XmZQCOC_uHkK8urMQ1yWumQKFHy_6KphKfAi2YK4qJhbCKIXwzxqa4CiRl9ZFQrboiMePdhz4WA/s200/Ikhwah.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRKk-gKkLpJkt6LbeyEzNXinoYmHKUQH_yAjK0rNzCRAxsFYg-jTb1a8Y9_A9_Ow46XmZQCOC_uHkK8urMQ1yWumQKFHy_6KphKfAi2YK4qJhbCKIXwzxqa4CiRl9ZFQrboiMePdhz4WA/s72-c/Ikhwah.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2010/04/ternyata-dia-ikhwah.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2010/04/ternyata-dia-ikhwah.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content