Israel "Serang" Yerusalem dengan Narkoba


Israel "Serang" Yerusalem dengan Narkoba - Tidak seperti tetangganya Mesir dan Libanon, Palestina sebelumnya tidak memiliki hubungan bersejarah dengan perdagangan narkoba. Terungkapnya lonjakan angka pecandu narkoba di Yerusalem Timur merupakan pukulan yang tiba-tiba dan spektakuler.

"Heroin menyebar bak api membakar permukiman kumuh," demikian Aljazeera, Kamis (7/7). Bubuk putih itu tiba-tiba makin akrab dengan remaja dan pemuda Palestina di Yerusalem Timur.

Universitas Al Quds memperkirakan ada lebih dari 6.000 pecandu di Yerusalem Timur saat ini, dibandingkan dengan 300 pada tahun 1986.

Untuk menghalau dan menanggulangi peredaran dan penggunaan narkoba, klinik rehabilitasi kini mulai bermunculan. Menurut Aljazeera, ini merupakan indikasi tentang bagaimana masalah narkoba di Palestina cepat menjadi krisis.

Kota-kota di sekitar Yerusalem Timur telah menjadi tempat berkembang yang sangat cepat - untuk tidak mengistilahkannya dengan menjamur - untuk narkoba. Penjaja dan pecandu, saling berbaur.

Banyak pihak menilai, narkoba sengaja disebar Israel untuk melemahkan perjuangan palestina. "Supermarket" narkoba seolah dibuka, dengan aneka pilihan barang-barang haram yang memabukkan. [AN/bsb]
Powered by Blogger.