PBB Kritik Media yang Langsung Kaitkan Islam dengan Teror Norwegia


Pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk kebebasan beragama, Heiner Bielefeldt, melontarkan kritik pedas terhadap media-media yang langsung menuding atau menghubungkan teror di Norwegia dengan Islam. Bielefeldt menyebut itu sebagai "memalukan" dan penuh prasangka.

"Cara para komentator publik yang secara langsung menghubung-hubungkan pembunuhan massal di Norwegia pada Jumat (22/07) lalu dengan terorisme Islam, merupakan contoh yang terungkap dan benar-benar memalukan menyangkut dampak kuat dari adanya prasangka," kata Bielefeldt, Selasa (26/7).

Teror bom dan serangan bersenjata yang menewaskan 93 orang itu, pada akhirnya diketahui dilakukan oleh teroris asal Norwegia sendiri, Anders Behring Breivik. Breivik adalah seorang Kristen fundamentalis yang memiliki hubungan dengan English Defence League.

Teroris Norwegia Anders Behring Breivik
Di persidangan pertama, Senin (25/7), Breivik juga mengatakan bahwa ia tidak sendirian. Ada "dua sel lagi" di dalam organisasinya. Organisasi Breivik itu terkait erat dengan manifesto yang ditulisnya tentang kebangkitan Ksatria Templar yang merupakan pasukan salib dari gerakan Freemasonry yang digelutinya.

Breivik juga menerbitkan manifesto secara online. Dalam manifesto setebal 1.500 halaman itu, tampak bahwa ia malah ingin menjadikan muslim sebagai sasaran terornya. [AN/bsb]
Powered by Blogger.