Sejumlah Bukti Kuatkan Mossad Terlibat Teror Norwegia


Sejumlah Bukti Kuatkan Mossad Terlibat Teror Norwegia - Mossad yang kerap terlibat berbagai aksi teror dan penculikan, dinyatakan sebagai tersangka terlibat dalam kasus teror di Norwegia. Sejumlah bukti yang ditemukan menunjukkan kemungkinan kuat keterlibatan dinas intelijen Israel itu dalam peledakan bom dan serangan bersenjata Jum'at lalu (22/7). Demikian IRNA (27/7) mengutip keterangan situs Politalesk Norwegia.

Laporan itu menyebutkan, selain bukti-bukti tersebut, perundingan menyangkut persetujuan Partai Buruh Norwegia untuk mengakui kemerdekaan pemerintah Palestina dan pemberlakuan boikot terhadap rezim Zionis, mendasari keputusan Mossad untuk mengeluarkan instruksi aksi teror yang menewaskan 93 orang itu.

Serangan pertama berbentuk peledakan bom yang mengguncang gedung pemerintah, kantor Perdana Menteri Norwegia di Oslo. Sedangkan serangan kedua berupa pembantaian bersenjata di Pulau Utoya yang saat itu menjadi tempat pertemuan pemuda Partai Buruh.

Para pemuda yang berada di kamp milik Partai Buruh Norwegia di pulau Utoya itu, dua hari sebelum terjadinya aksi teror Breivik, bertemu dengan Menlu Norwegia dan menuntut pemerintah untuk mendukung deklarasi kemerdekaan Palestina pada sidang Majelis Umum PBB, September mendatang.

Menanggapi tuntutan para pemuda itu, Partai Buruh menyatakan akan membahas dukungan terhadap deklarasi kemerdekaan Palestina. Bahkan, Menlu Norwegia mengatakan, "Palestina berhak untuk menjadi sebuah negara merdeka dan pendudukan Israel juga harus diakhiri." [AN/bsb]
Powered by Blogger.