Inggris dan Srilanka Larang Iklan Model Seksi


Pemerintah Inggris akan segera menerapkan larangan iklan yang mencantumkan model seksi di tempat umum. Pelarangan gambar atau papan reklame seksi dan seronok itu demi melindungi anak-anak.

Berdasarkan aturan Advertising Standards Authority (ASA) -lembaga pengawas periklanan di Inggris- yang baru itu, model dengan pose menggunakan pakaian dalam akan dilarang. Gambar wanita-wanita secara jelas di billboard akan dijauhkan dari sekolah, sementara poster X-rated akan dilarang keseluruhannya, demikian kutip Daily Mail.

Tak hanya model yang sedang berpose menggunakan pakaian dalam saja yang dilarang, model berpose dengan tangan mereka di pinggul atau poster pasangan berpakaian penuh-pun bisa dilarang jika ditampilkan dalam pagutan “penuh gairah”.

Pelarangan iklan dengan model berbusana seksi ini untuk mencegah terjadinya kejahatan seksual pada anak-anak. Gambar-gambar yang mengandung unsur tersebut akan dicopot, bahkan untuk yang terlalu seksi atau menggairahkan tidak boleh dipasang sama sekali.

Sri Lanka juga melarang iklan yang menampilkan perempuan seksi yang mengenakan baju belahan dada rendah. Larangan bukan hanya berlaku di kota kecil tapi juga di ibu kota Sri Lanka, Kolombo.

Menanggapi pelarangan tersebut, Sebuah harian Sri Lanka menulis tahun baru adalah era baru yang membawa kemurnian moral kembali. [AN/Hdy]
Powered by Blogger.