Sesumbar Serang Iran, Israel-AS Siapkan Latihan Militer Terbesar dalam Sejarah


Surat kabar Israel Haaretz edisi Ahad (6/11), melaporkan bahwa Israel dan AS sedang mempersiapkan latihan militer terbesar dalam sejarah. Laporan yang diturunkan sehari setelah Presiden Israel Shimon Peres mengancam akan menyerang Iran itu, ditengarai sebagai indikasi keseriusan zionis.

Lima ribu tentara Zionis dan Amerika akan berpartisipasi mensimulasikan aksi-aksi menghadapi rudal balistik dalam latihan itu. Demikian Haaretz mengutip Asisten Menlu Amerika Andrew Shapiro dalam pidatonya di Institut Washington.

Shapiro menegaskan dukungan pemerintahan Presiden Barack Obama kepada Israel. "Hubungan kami dengan Israel sekarang lebih luas, lebih dalam dan lebih kuat dari sebelumnya," ujarnya dalam pidato.

Israel "tertarik" untuk menyerang Iran dengan dalih khawatir negeri mulah itu memakai senjata nuklir yang selama ini telah disiapkan.

"Intelijen di sejumlah negara yang mengawasi Iran merasa sangat khawatir dan menekan pemerintah mereka untuk memperingatkan bahwa Iran sangat siap menggunakan senjata nuklir," kata Peres seperti dikutip BBC. [AN/bsb]
Powered by Blogger.