Amal-amal Sunnah Ketika Gerhana Bulan


Amal-amal Sunnah Ketika Gerhana Bulan - Gerhana Bulan adalah salah satu tanda kekuasaan Allah SWT. Ia tidak terkait dengan peristiwa apapun baik kematian seseorang ataupun kelahiran seseorang.

Seperti halnya fenomena alam lainnya, gerhana bulan bisa menjadi ladang pahala jika kita menyikapinya dengan benar. Tetapi ia juga bisa menjerumuskan kita dalam kemudharatan ketika kita salah mensikapinya. Seseorang yang mengkaitkan gerhana bulan dengan kematian seseorang, atau bahkan meramal hal ghaib dengan gerhana bulan yang dilihatnya bisa terjerumus ke dalam kesyirikan.

Lalu bagaimana mendulang pahala pada saat terjadinya gerhana bulan? Berikut ini adalah amal-amal sunnah yang jika dikerjakan pada waktu gerhana bulan terjadi, niscaya kita mendapatkan keutamaan dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala:

Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan tidaklah terkait kematian atau kehidupan seseorang. Karenanya jika kalian melihat gerhana itu, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, shalatlah dan bersedekahlah (HR. Bukhari)

Dari hadits di atas, setidaknya ada empat amal sunnah yang bisa menjadi ladang pahala bagi Muslim ketika terjadi gerhana :

1. Sholat gerhana bulan
Pembahasan dan tata cara sholat gerhana bulan bisa dibaca DI SINI

2. Berdoa kepada Allah
Pada saat gerhana bulan, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah. Karena disebutkan secara khusus, maka berdoa ketika waktu itu termasuk mustajabah, akan dikabulkan oleh Allah SWT. Insya Allah.

3. Membaca takbir
Tidak ada penjelasan detail mengenai takbir pada waktu gerhana. Maka ia berlaku secara umum, bahwa kita mengagungkan Allah dengan membaca "Allaahu akbar" secara pribadi tanpa perlu mengeraskan suara.

4. Bersedekah
Sedekah di sini berlaku mutlak dan luas. Ia bisa diberikan kepada siapa saja, terutama untuk faqir dan miskin yang sangat membutuhkan.

Demikian amal-amal sunnah ketika gerhana bulan, semoga kita dimudahkan Allah untuk mengerjakannya dan mendapatkan kebaikan serta keberkahan karenanya. []
Powered by Blogger.