$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Anak-Anak Dakwah

Sahabat, Tahukah Anda, kita bisa memiliki anak meskipun kita belum menikah? Kok bisa? Apa sih yang tak bisa terjadi dalam hidup ini. T...

Sahabat,
Tahukah Anda, kita bisa memiliki anak meskipun kita belum menikah? Kok bisa?

Apa sih yang tak bisa terjadi dalam hidup ini. Terlalu banyak keajaiban yang bisa jadi beratus-ratus halaman tak akan cukup untuk menuliskannya. Sekali lagi kita berhak memiliki anak ini meskipun kita belum menikah. Meskipun kita tak pernah mengandungnya selama sembilan bulan. Meskipun kita tak menyusuinya. Meskipun kita tak pernah meninabobokannya saat menjelang tidurnya. Meskipun kita tak harus membanting tulang memenuhi kebutuhannya. Meskipun kita sama sekali tak pernah membiayai sekolah atau kuliahnya. Lebih hebatnya lagi, kita bisa menjadi orang tua bagi anak-anak ini meskipun usia mereka berpuluh-puluh tahun umurnya di atas kita.

Wah anak apakah ini? Apakah anak-anak seperti ini nyata dan ada di bumi?
Anak yang saya deskripsikan diatas adalah anak-anak Dakwah. Anak-anak Jariyah. Anak-anak yang akan mengalirkan pahala tiada putus-putusnya kepada orang tuanya. Anak-anak yang dilahirkan dari rahim dakwah. Anak-anak dakwah yang akan melahirkan cucu dan cicit dakwah dan cicit-cicit dakwah selanjutnya. Sebuah keluarga dakwah yang mengalirkan pahala jariyah yang tiada putus-putusnya.

Sahabat,
Beruntung sekali jika kita bisa memiliki anak-anak dakwah yang selanjutnya juga akan melanjutkan keluarga dakwah berpuluh-puluh tahun hingga kiamat nanti. Walau kita sebagai orang tuanya telah terkubur ratusan tahun ternyata limpahan pahala akan mengalir tiada putus-putusnya hingga dunia berakhir.

Sahabat,
Anak-anak dakwah adalah anak-anak yang kita rekrut dan bina untuk menjadi kader dakwah selanjutnya. Anak-anak yang kita ajarkan kebaikan kepadanya kemudian dia mengajarkannya kepada yang lain. Anak-anak dakwah yang meskipun tidak ada kesamaan DNA, mereka kita bimbing sepenuh hati untuk menjadi manusia hebat yang juga akan menghebatkan orang lain. Sejatinya kita hari ini juga anak-anak dakwah dari orang tua-orang tua dakwah kita yang ikhlas membina sepenuh hati. Subhanallah… mengapa Abu Bakar dapat penghargaan tertinggi dalam hal balasan pahala hingga jika ditimbang pahala Abu Bakar dengan pahala seluruh orang beriman selain Rasulullah, timbangan amal Abu Bakar lebih berat. Jawabannya sederhana, karena Abu Bakar telah sukses menjadi orang tua dari anak-anak dakwah sekelas Ustman Bin Affan, Sa’ad bin Abi Waqqash, Abdurahman bin Auf dan anak-anak dakwah hebat lainnya. Kemudian anak-anak itu menyebar ke muka bumi menyampaikan kebaikan dan merekrut serta membina anak-abak dakwah baru. Amalan-amalan hebat dari anak-anak dakwah itu juga bisa dinikmati pahalanya oleh orang tuanya tanpa mengurangi sedikitpun balasan amal hebat yang telah dilakukannya.

Sahabat,
Sudahkah kita hari ini memiliki anak-anak dakwah? Jika belum carilah dan pantaskan diri untuk menjadi orang tua yang baik untuknya. Binalah mereka dengan energi ketulusan yang kau miliki. Binalah mereka dengan pengorbanan di atas rata-rata. Jadilah kau pegangan dalam titian jalannya menuju surga. Jangan kau lepaskan pegangan titian itu hingga dia mampu berjalan sendiri. Hingga saatnya dia menjadi pegangan bagi titian yang dilalui oleh anak-anak dakwahnya. Hingga anak-anak dakwahnya juga akan melahirkan anak-anak dakwah baru. Hingga anak-anak dakwah akan selalu lahir mewarnai muka bumi.

Sahabat, seringkali kita menunda untuk memiliki anak dakwah. Padahal peluang itu hampir setiap detik ada di hadapan kita. Ada sebuah pepatah yang mengatakan, banyak anak banyak rezeki. Ayo kita perbanyak anak dakwah kita karena Rasulullah sendiri bangga pada umatnya yang memiliki banyak anak.

Betapa banyak anak-anak terlantar tanpa ada yang mau mengurusnya. Mereka masih sering meninggalkan shalat, masih terbiasa membuka aurat, masih terbawa budaya-budaya barat yang terkadang menyalahi kodrat. Sementara di rumahnya mereka juga memiliki orang tua yang tak peduli dengan perkembangan dirinya. Kalau sudah seperti ini siapa yang lagi yang akan mengurusnya kalau bukan kau wahai para pejuang dakwah?[]


Penulis : Sardini Ramadhan
Pendiri KPK (Komunitas Pena Khatulistiwa), Publik Manager SBS (Sang Bintang School)
Blog: akhiarden-sardini.blogspot.com
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,63,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,23,Feature,277,Fiqih,68,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,55,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,84,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,19,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,87,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,121,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Anak-Anak Dakwah
Anak-Anak Dakwah
http://3.bp.blogspot.com/-5UALhnh0pEI/T3BFf4SV1qI/AAAAAAAAEA8/gRt8N13YN50/s320/jalan-dakwah.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-5UALhnh0pEI/T3BFf4SV1qI/AAAAAAAAEA8/gRt8N13YN50/s72-c/jalan-dakwah.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2012/05/anak-anak-dakwah.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2012/05/anak-anak-dakwah.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content