$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Ada Apa dengan Cinta?

Dalam kitab Imtizajul Arwah diceritakan ada seorang ulama yang ditanya tentang cinta. Maka ia menjawab, "Tumbuhnya cinta itu sering b...


Dalam kitab Imtizajul Arwah diceritakan ada seorang ulama yang ditanya tentang cinta. Maka ia menjawab, "Tumbuhnya cinta itu sering bukan karena inisiatif pelakunya, bukan karena keinginannya dan tidak selalu merupakan kenikmatan bagi sebagian manusia. Mekarnya cinta itu laksana datangnya penyakit akut. Ia sering datang tiba-tiba. Tidak ada perbedaan diantara keduanya." Memang cinta membuat jiwa membara, wajah berseri, dan mata berbinar.

Cinta seperti itulah yang dialami oleh para wanita bangsawati terhadap Yusuf as. Saat terpesona dengan ketampanan wajah Yusuf, tanpa sadar mereka sendiri. Cinta semacam itu pula yang dialami seorang wanita yang langsung mengalami haid begitu melihat wajah tampan Mush'ab bin Umair. Cinta sejenis itu juga yang memenuhi ruang-ruang jiwa Khaulah binti Hakim yang memasrahkan dirinya kepada Nabi Muhammad SAW hingga membuat Aisyah berkata, "Tidak malukah seorang wanita yang memasrahkan dirinya kepada seorang laki-laki?"

Jiwa yang mencinta tentu tahu bagaimana jalan untuk berdampingan dengan jiwa yang dicinta. Ia akan terus memendarkan daya tarik. Ia akan terus menebar pesona hingga antara jiwa yang mencinta dengan jiwa yang dicinta akan seperti api dengan tungku atau laksana laksana lebah dan bunga. Jiwa yang mencinta tidak akan pernah bisa diam. Sebab hakikat cinta adalah gerakan jiwa yang mencinta terhadap jiwa yang dicinta. Jiwa yang mencinta tidak pernah letih untuk menghembuskan nafas cinta kepada jiwa yang dicinta.

Gerakan cinta seperti di atas pernah mengalir deras dalam diri Abdullah bin Abu Bakar ra saat menceraikan istrinya dengan sekali talak. Sang ayah, Abu Bakar ash Shidiq, meminta dirinya menceraikan belahan jiwanya karena dianggap sebagai penyebab dirinya lalai shalat berjamaah di masjid. Relung-relung hatinya dipenuhi rasa rindu yang menderu. Wajah lembut Atikah binti Zaid terus membayang. Ia tak kuasa menepikan senyum manis pelabuhan cintanya itu. Ia tak mampu membendung laju aliran cinta yang memenuhi rongga-rongga jiwanya.

Karena tak kuat membendung aliran cintanya, akhirnya Abdullah bin Abu Bakar pun sengaja duduk di jalan yang selalu dilewati sang ayah saat pergi shalat ke masjid. Begitu melihat kedatangan lelaki yang paling dicintai Rasulullah itu, ia pun bersenandung pilu: "Aku tak mengerti mengapa diriku tega menceraikannya. Aku juga tak pula mengerti tentang dirinya yang telah rela dicerai tanpa dosa. Dia mempunyai akhlak yang baik dan kelembutan akhlak yang lurus di dunia dan di hari kemudian." Air mata rindu pun mengalir membasahi wajah gagahnya. Hati sang ayah pun luluh. Lelaki pertama yang beriman kepada Rasulullah itu pun kemudian memperkenankan putra tercintanya untuk rujuk kembali dengan tambatan hatinya.

Cinta memang tak bisa dibendung, sebab ia adalah anugerah. Cinta memang tak bisa dihadang, sebab ia adalah karunia. Namun cinta harus dialirkan selaras aliran cinta Sang Maha Pemilik Cinta. Cinta harus digerakkan searah dengan gerakan cinta Sang Maha Pencinta. Sehingga gerakan cinta jiwa kita kepada jiwa kekasih kan terus senyawa dengan gerakan cinta semesta. Cinta seperti itu akan kekal. Cinta seperti itu tak akan terbatasi oleh sekat-sekat ruang dan waktu. Cinta sejati tak pernah menyusut walau sang pelabuhan cinta tak lagi ada di sisinya.

Cinta itu pasti akan menyebabkan gerakan jiwa. Jiwa itu diciptakan dalam keadaan bergerak. Gerakan cinta jiwa itu bersifat alami. Siapapun yang mencintai seseorang, tentu akan merasakan kenikmatan dan ketenangan. Jika jiwa itu tidak diisi cinta sama sekali, maka ia akan lamban, malas dan sulit bergerak. Gerak cinta jiwa yang tiada henti kepada jiwa yang dicinta akan begitu indah dipandang, dilihat dan dirasakan. Gerak cinta seperti itu bergerak menembus batas ruang dan waktu. Seperti gerak cinta jiwa Rasulullah SAW kepada jiwa Khadijah ra. Saat Khadijah sudah tiada, gerak cinta jiwa Rasulullah tidak pernah berhenti menyapa. Semoga seperti pula kualitas gerak cinta jiwa kita kepada jiwa sandaran hati kira masing-masing. Amin. []


Penulis : H. Hamy Wahjunianto, drh, MM.
Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Jawa Timur
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,63,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,23,Feature,277,Fiqih,68,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,55,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,84,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,19,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,87,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,121,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Ada Apa dengan Cinta?
Ada Apa dengan Cinta?
http://1.bp.blogspot.com/-AXFW3aFnRx4/UAePXXeqp6I/AAAAAAAAFGI/FwiAcD8LF8s/s320/Cinta%2B-%2Bilustrasi%2Bbunga.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-AXFW3aFnRx4/UAePXXeqp6I/AAAAAAAAFGI/FwiAcD8LF8s/s72-c/Cinta%2B-%2Bilustrasi%2Bbunga.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2012/07/ada-apa-dengan-cinta.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2012/07/ada-apa-dengan-cinta.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content