$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Untukmu Pejuang Militan

“Kita datang ke sini tidak untuk kembali. Kita hanya mempunyai dua pilihan, menaklukan negeri ini dan kemudian menetap disini atau kita se...


“Kita datang ke sini tidak untuk kembali. Kita hanya mempunyai dua pilihan, menaklukan negeri ini dan kemudian menetap disini atau kita semua binasa di tangan musuh”

Kata-kata bak mantera itu meluncur dari panglima Thariq bin Ziyad. Di bawah kepemimpinannya, bendera Islam berkibar di daratan Eropa. Thariq memimpin tentara Islam dari Afrika, mendarat di pantai Spanyol, dan menaklukannya.

Saat itu, Spanyol di bawah kekuasaan Gotik dari Jerman. Rakyat Spanyol ditindas. Petani dikenai pajak tinggi. Para perempuan dicabuli. Mereka, umumnya beragama Kristen dan Yahudi, lalu mengungsi dan minta perlindungan kepada daulah Islam di Afrika.

Salah seorang dari mereka adalah Julian, gubernur Ceuta yang putrinya telah dinodai oleh Raja Roderick, raja bangsa Gotik. Julian memohon kepada Musa bin Nushair, raja muda Islam di Afrika untuk memerdekakan negeri mereka dari penindasan Roderick. Musa mengabulkan permohonan itu dan memobilisasi pasukann dengan dibantu Thariq, bekas budak Roderick.

Pasukan Islam pun berangkat. Dari pantai Afrika, mereka berlayar dan mendarat di pantai Spanyol pada tahun 711 M. Dari atas karang pantai Spanyol yang kemudian hari ini dinamai Jabal Thariq (kalangan Barat menyebutnya Jibraltar) itu, Thariq mengobarkan semangat pasukan. Dia memerintahkan kapal-kapal yang telah mengangkut pasukan semuanya dibakar.

Apa yang ditunjukkan Thariq dengan membakar kapal adalah cerminan dari semangat dan daya juang tinggi. Kata yang tepat untuk menggambarkannya adalah militan. Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan militan sebagai “bersemangat tinggi”, “penuh gairah”.
Seorang yang militan berarti orang yang memiliki semangat tinggi dalam memperjuangkan apa yang diyakininya. Daya juang yang tinggi itu tercermin dari kesiapan mereka untuk mengorbankan apa yang dimiliki –harta dan jiwa- untuk keridhoan Allah. "Berangkatlah kamu, baik dalam keadaan ringan ataupun merasa berat, dan dan berjihadlah dengan harta dan jiwa, pada jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui." (QS.At Taubah : 41)

Api semangat menyala-nyala dalam dada Thariq beserta segenap pasukannya. Api itu terus membakar spirit mereka untuk mencapai apa yang diperjuangkan menjadi result yang diharapkan, yaitu menaklukan Spanyol.

Thariq bin Ziyad adalah contoh dari sekian banyak pejuang militan. Militansi Thariq ini tumbuh subur dan berkembang di atas ranah iman. Dan keimanan kepada Allah adalah bahan bakar yang tiada habis yang menyalakan api semangat perjuangan.

Militansi yang tumbuh di atas iman akan terus tumbuh dengan zikir. Makin banyak mengingat Allah, semakin yakin akan pertolongan-Nya. Karenanya, orang yang militan akan konsisten menghadapi fase-fase perjuangan dan selalu berorientasi pada hasil: keridhoan Allah.

Bagi seorang yang mengaku pejuang militan yang punya keimanan yang kuat, maka ujian dakwah berupa celaan, hinaan, fitnah, hilangnya pekerjaan bahkan nyawa karena memperjuangkan agama Allah adalah sesuatu yang biasa. Semua itu dijadikan sebagai ajang pembuktian iman dan perlombaan untuk mendapat label "orang yang mulia" di hadapan Allah. Dia tidak akan berlomba menjadi "orang yang mulia" di mata manusia dengan mengejar karir, kedudukan, harta, anak & kelurga. Karena dia sadar bahwa itu kebahagiaan semu di "kampung dunia". Yang lebih utama baginya adalah "kampung akhirat" dimana ada surga di sana. Surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang di sana ada rumah, istana, makanan, minuman, suhu yang nyaman, pakaian yang bagus, wajah yang rupawan, pasangan hidup, dan segala hal yang dinginkan manusia. Itulah kebahagiaan yang hakiki bagi para pejuang militan yang mampu membuktikan keimanannya hingga hembusan nafas terakhir…

Selamat berjuang wahai para pejuang militan!



Penulis : Oktarizal Rais
Alumni Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Solo
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,63,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,23,Feature,277,Fiqih,68,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,55,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,84,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,19,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,87,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,121,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Untukmu Pejuang Militan
Untukmu Pejuang Militan
http://1.bp.blogspot.com/-0nWwkbsUgj4/UVJI15cEwZI/AAAAAAAANKU/Xacx_EbYsVs/s320/Pejuang+Islam+-+ilustrasi.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-0nWwkbsUgj4/UVJI15cEwZI/AAAAAAAANKU/Xacx_EbYsVs/s72-c/Pejuang+Islam+-+ilustrasi.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2013/03/untukmu-pejuang-militan.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2013/03/untukmu-pejuang-militan.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content