$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Kehati-hatian Seorang Abu Bakar

"Wahai manusia makanlah yang ada di muka bumi ini yang halal dan baik. Janganlah ikuti langkah-langkah setan, sungguh dia musuhmu ya...

"Wahai manusia makanlah yang ada di muka bumi ini yang halal dan baik. Janganlah ikuti langkah-langkah setan, sungguh dia musuhmu yang nyata" QS Al-Baqarah: 168

Sepeninggal Rasulullah saw, para sahabat memilih dan mengangkat Abu Bakar Shiddiq sebagai Khalifah. Meskipun dari segi fisik beliau tidak terlalu besar, namun Abu Bakar mempunyai banyak kelebihan, bahkan diberi gelaran As-Shiddiq (jujur dan yakin).

Suatu siang, karena sibuk bekerja sebagai Khalifah, Abu Bakar telat makan siang. Lantas beliau memanggil pembantunya.

"Belikan makanan", ujar Khalifah.

Maka sang pembantu bergegas mencari makanan, lalu kembali dan memberikannya kepada Abu Bakar. Karena memang perut beliau terasa sangat lapar, makanan itu langsung disantap oleh Khalifah. Sekejap, separuh makanan itu sudah habis dimakan.

Akan tetapi, sang pembantu tetap berdiri, memperhatikan Abu Bakar makan. Lantaran heran, Abu Bakar pun bertanya.

"Engkau sudah makan?"

"Sudah tuan," jawab pembantunya.

"Lalu mengapa engkau terus berdiri di situ?" tanya Khalifah.

"Aku heran, biasanya tuan tanya dulu asal makanan itu dari mana. Tapi kini tuan langsung menyantapnya," ujar pembantunya.

"Lah, memangnya engkau dapat makanan ini dari mana?," selidik Abu Bakar.

Lalu sang pembantupun bercerita, di waktu hendak membeli makanan tadi, tiba-tiba ada sebuah keluarga memanggilnya. Rupanya ada anggota keluarga tersebut yang sedang sakit keras. Mereka minta pembantu Abu Bakar ini untuk menjampi (membaca mantra). Karena dulu ia memang mantan tukang jampi (dukun). Namun setelah masuk Islam, dia tidak mau lagi menjampi, karena perbuatan itu diharamkan. Namun karena setengah dipaksa, akhirnya dia jampi sekedarnya. Lalu diberilah upah makanan ini.

"Jadi ini makanan dari hasil engkau menjampi?," tanya Abu Bakar gusar.

"Betul Amirul mu’minin," jawab sang pembantu.

Khalifah Abu Bakar langsung berhenti makan, lalu di masukkannya jari ke tenggorokannya. Sehingga beliau muntah-muntah dan makanan itu keluar kembali dari perutnya. Sampai-sampai beliau mengalami sesak napas. Kebetulan dilihat oleh Abdullah bin Masúd.

"Ya Abu Bakar, tidak usah serepot itu, engkaukan tidak tahu sebelumnya bahwa makanan itu adalah haram, Insya Allah dimaafkan oleh Allah," ujar Ibnu Masúd.

"Tidak, meskipun makanan ini keluar dari perutku, bersamaan dengan lepasnya nyawaku dari tenggorokanku, aku rela. Karena aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, 'Tiap makanan yang tumbuh dari barang yang haram, maka nerakalah tempatnya," tegas Abu Bakar.

Wara’, hati-hati adalah sikap seorang insan yang bertaqwa. Bahwa yang halal itu jelas, dan yang harampun sudah jelas. Diantara keduanya ada mutasyabihah, meragukan. Siapa yang mengambil mutasyabihah itu dia telah menjatuhkan dirinya ke jurang celaka. Siapa yang menghindarkannya, sungguh telah menjaga dirinya dari adzab Allah swt.

Jauhi sarang lebah di bumbungan
Mereka menyerang tanpa ampun
Jauhi barang yang diharamkan
Rezeki tak berkurang sedikitpun



Penulis : Tifatul Sembiring
Sumber: Ramadhan Antara





Untuk membaca kultum Ramadhan lainnya, silahkan klik
KUMPULAN KULTUM RAMADHAN 2013
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,63,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,23,Feature,277,Fiqih,68,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,55,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,84,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,19,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,87,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,121,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Kehati-hatian Seorang Abu Bakar
Kehati-hatian Seorang Abu Bakar
http://1.bp.blogspot.com/-3tsNusRbrrU/Ue075bjBODI/AAAAAAAAPWU/an6FjmQebz8/s320/kurma+dan+air+-+menu+buka+puasa.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-3tsNusRbrrU/Ue075bjBODI/AAAAAAAAPWU/an6FjmQebz8/s72-c/kurma+dan+air+-+menu+buka+puasa.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2013/07/kehati-hatian-seorang-abu-bakar.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2013/07/kehati-hatian-seorang-abu-bakar.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content