$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Agar Hati Tak Salah Mencintai

Judul : Agar Hati Tak Salah Mencintai Penulis : Jauhar al-Zanki Penerbit : Pro-U Media - Yogyakarta Cetakan : 1, Januari 2013 Te...
Agar Hati tak Salah Mencintai
Judul : Agar Hati Tak Salah Mencintai
Penulis : Jauhar al-Zanki
Penerbit : Pro-U Media - Yogyakarta
Cetakan : 1, Januari 2013
Tebal : 214 Halaman ; 12 x 20 cm
ISBN : 979-1273-81-2

Membahas cinta tak ubahnya membincang kehidupan. Selalu seru, menarik dan tak jarang timbul perdebatan. Ibarat mata air, cinta akan bertambah seiring dengan semakin dalamnya penggalian makna cinta itu sendiri.

Tak ada kata yang bisa menjelaskan cinta selain kata itu sendiri. Ia ibarat arus listrik. Tak terlihat, tapi bisa membuat bola lampu bersinar. Ia juga bak angin. Ketika bergumul, kekuatannya bisa membadai dan menghancurkan aneka bangunan yang ditemuinya.

Banyak kisah cinta yang beredar diantara kita. Mulai yang jadul hingga yang terhangat. Mulai yang kuno hingga paling modern. Meski dengan banyak perbedaan, inti ceritanya sama. Bahwa cinta, tidak hanya bisa mengubah diri seseorang, tetapi juga mengubah sebuah bangsa bahkan sebuah peradaban.

Cinta bisa tumbuh dari banyak sebab. Mulai dari pandangan, kata-kata, wewangian, seringnya berinteraksi dan keserasian antara rasa dan jiwa. Cinta memang tak berbentuk. Tapi ia mempunyai ciri-ciri. Mereka yang tengah dilanda cinta bisa ditengarai dengan suka menyebut nama orang yang dicintai, bergetar bila disebutkan nama kekasihnya, selalu teringat dengan sosoknya, menuruti apa saja yang diingini sang kekasih, suka termenung, menggandengkan namanya dengan nama orang yang dicintai, senang bertanya kabar tentangnya, rindu untuk bertemu, dihinggapi rasa resah dan gelisah, menyukai tempat yang disukai kekasihnya, menyukai apa yang disukai kekasihnya, menekumi hobi kekasihnya, grogi dan salah tingkah saat berjumpa, muncul rasa cemburu, rela berkorban, bersikap sopan dan lemah lembut, dan suka memberi perhatian lebih kepada yang dicintai. ( Hal 46-62)

Cinta juga mempunyai banyak jenis. Mulai dari cinta monyet, cinta lokasi, cinta musiman, cinta kilat, cinta buta, cinta harta, dan cinta karena Allah. Ia juga sering disimbolkan. Baik dengan gambar hati yang ditusuk anak panah ataupun dengan warna merah jambu.

Oleh karena fitrahnya cinta, islam sebagai ajaran yang paling selaras dengan fitrah alam dan kemanusia memberikan aneka aturan agar cinta tumbuh sesuai dengan aturan Allah. Karena cinta adalah ciptaan Allah, maka hanya Allahlah yang berhak untuk memberikan aturan tentang cinta. Karakteristiknya dan bagaimana menyalurkannya.

Islam tak mengenal pengasingan diri tanpa cinta. Islam juga melarang perayaan cinta tanpa batas. Islam, mengatur cinta dalam koridor yang jelas, pernikahan. Jika mencintai, maka konsekuensinya adalah menikahi. Jika tak mampu, Rasul memberikan solusi untuk berpuasa.

Sehingga, sebagai kaum muslimin, maka yang harus dilakukan adalah mengatur cinta agar sesuai dengan apa yang telah Allah gariskan dan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah. Agar cinta tetap suci dan bisa menjadi sarana untuk mengantarkan kepada cinta sejati, Allah dan RasulNya.

Diperlukan keteguhan hati untuk hal ini. Apalagi ketika zaman semakin tua. Ketika pergaulan sudah bebas. Begitupun dengan aneka buadaya yang tidak selaras dengan nilai kemusliman masuk dengan mudahnya ke dalam jenak kehidupan kita.

Sehingga, penjagaan diri adalah hal yang mutlak. Menjaga diri berarti terus memperbaiki kualitas diri agar tidak terjerumus dalam kehiduapn hedonis yang mendambakan materialisme dan fisik semata. Menjaga diri dengan terus mendekatkan diri kepada Allah dan memperdalam ilmu menjadikan seseorang menjadi lebih tenang (Hal 138). Penjagaan diri ini juga membuat seorang pemuda agar terus PD meskipun terasing dengan sekitarnya yang tidak islami. Ia bisa terus melaju dalam keimanan yang baik, agar cinta yang suci itu, bisa dirayakan ketika masanya tiba dengan cara yang benar pula.

Akhirnya, bagi kaum muslimin, cinta mereka adalah cinta yang sehat. Cinta mereka adalah cinta yang taat. Cinta mereka adalah cinta yang kuat. Cinta mereka adalah cinta yang bisa menjadi inspirasi penggugah jiwa. Yaitu cinta yang berbalut pernikahan islami sehingga rindumu, bersatu dengan rindu ia yang menjadi cintamu. Satu hal yang tak boleh dilupa, dirimu adalah potret kekasihmu. Maka perbaikan diri adalah cara paling jitu untuk mendapat cinta agar sesuai dengan yang kita cita-citakan. Memperbaiki diri adalah jalan, agar hati tak salah mencintai.[]


Penulis : Pirman
Penulis Antologi Surat Cinta Untuk Murobbi dan sejumlah buku lainnya
Penulis resensi di sejumlah media cetak
Facebook: usman.alfarisi.9

Tertarik dengan buku Agar Hati Tak Salah Mencintai ini?
silahkan hubungi 085773291640
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,283,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,89,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Agar Hati Tak Salah Mencintai
Agar Hati Tak Salah Mencintai
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjujKv1jCndAraLFSQwvahygBFgqPNDBvWbOxBrdSA7qeCckUkw0XD6UkmbnNAMP3XIa3zfACEAj7lEML36E9UjkknS55vlhvvyD86SmjolQ-1DWd9dnNqQeZwkswatPt6naR0C_LUyWt8/s320/Agar+Hati+tak+Salah+Mencintai.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjujKv1jCndAraLFSQwvahygBFgqPNDBvWbOxBrdSA7qeCckUkw0XD6UkmbnNAMP3XIa3zfACEAj7lEML36E9UjkknS55vlhvvyD86SmjolQ-1DWd9dnNqQeZwkswatPt6naR0C_LUyWt8/s72-c/Agar+Hati+tak+Salah+Mencintai.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2013/09/agar-hati-tak-salah-mencintai.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2013/09/agar-hati-tak-salah-mencintai.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content