$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Hubungan Suami Istri di Malam Jum’at, Sunnah?

Setidaknya, ada tiga pemahaman yang berkembang di kalangan umat Islam mengenai hubungan suami istri di malam Jum’at. Pertama, mereka yang...
Hubungan suami istri (foto ilustrasi: architectaria.com)
Setidaknya, ada tiga pemahaman yang berkembang di kalangan umat Islam mengenai hubungan suami istri di malam Jum’at. Pertama, mereka yang meyakini bahwa hubungan suami istri di malam Jum’at adalah sunnah yang mendapat pahala lebih dibandingkan malam-malam lainnya.

Kedua, mereka yang tidak hanya meyakini hubungan suami istri di malam Jum’at adalah sunnah, tetapi juga meyakini pahala yang sangat besar dalam mengerjakannya, yang disetarakan dengan pahala membunuh orang kafir dalam jihad. Sedangkan kelompok ketiga, mereka yang meyakini bahwa hubungan suami istri di malam Jum’at tidak ada bedanya dengan malam lainnya. Tidak termasuk sunnah.

Manakah yang benar diantara ketiganya?

Yang paling mudah dideteksi benar tidaknya adalah pendapat kedua. Para ulama menyatakan pandangan tersebut tertolak karena tidak ada hadits yang bisa dijadikan dalil. Baik secara qath’i (jelas) maupun dhanni (samar). Selain itu, secara akal juga tidak dapat diterima. Bagaimana mungkin jihad yang mengorbankan banyak harta dan beresiko nyawa bisa kalah pahalanya dengan hubungan suami istri.

Berikutnya, pandangan pertama mengenai hubungan suami istri di malam Jum’at merupakan sunnah yang lebih utama dibandingkan malam-malam lainnya didasarkan pada hadits berikut:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا
"Barang siapa mandi pada hari Jum'at, membersihkan badannya dan bersegera (pergi kemasjid) kemudian berdiam diri dengan penuh konsentrasi, mendengarkan (khutbah), maka setiap langkah yang diayunkan mendapatkan pahala seperti pahala setahun, yaitu pahala puasanya dan shalat malamnya." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, An Nasa’i dan Ahmad)

Mungkin ada yang bertanya, di mana tersirat hubungan suami istri? Pada riwayat Tirmidzi, setelah hadits itu ada tambahan keterangan dari perawi.

قَالَ مَحْمُودٌ قَالَ وَكِيعٌ اغْتَسَلَ هُوَ وَغَسَّلَ امْرَأَتَهُ
Mahmud berkata, Waki' berkata, dia sendiri mandi dan juga memandikan istrinya

Sedangkan pada riwayat yang lain ada penjelasan bahwa yang dimaksud adalah mandi junub. Sehingga sebagian berpendapat ada jima’ sebelum suami istri mandi. Sehingga kesimpulannya adalah hubungan suami istri di malam Jum’at adalah disunnahkan.

Namun, pendapat ini juga dipersoalkan. Haditsnya memang shahih, kemudian mandi junubnya jelas. Kalaupun hadits tersebut menunjukkan sunnahnya hubungan suami istri, maka yang lebih tepat adalah Jum’at pagi, bukan malam Jum’at.

Abu Umar Basyir dalam bukunya Sutra Ungu memberi jalan tengah: “Di negara yang menerapkan libur pada hari Jum’at, tentu tidak masalah jika seseorang ingin berhubungan seks pada hari itu. Lalu bagaimana di negara yang menetapkan hari Jum’at sama seperti hari-hari kerja lainnya? Bagaimanapun, hukum sunah tetap saja sunah. Jadi itu hanya soal kesempatan melakukannya saja. Jika mampu dilakukan, Insya Allah membawa berkah. Di situlah, manajemen waktu berhubungan seks menjadi perlu diatur. Karena itu bisa saja dilakukan menjelang subuh, atau sesudah shalat Subuh. Tiap pasutri tentu lebih tahu mana saat yang paling tepat.”

Lepas dari apakah malam hubungan suami istri di malam Jum’at sunnah atau sama dengan malam lainnya, sesungguhnya aktifitas suami istri itu berpahala.

وَفِى بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَأْتِى أَحَدُنَا شَهْوَتَهُ وَيَكُونُ لَهُ فِيهَا أَجْرٌ قَالَ أَرَأَيْتُمْ لَوْ وَضَعَهَا فِى حَرَامٍ أَكَانَ عَلَيْهِ فِيهَا وِزْرٌ فَكَذَلِكَ إِذَا وَضَعَهَا فِى الْحَلاَلِ كَانَ لَهُ أَجْرٌ
“Hubungan badan antara kalian (dengan istri) adalah sedekah.” Sebagian sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah aktifitas kami yang bersyahwat itu mendapatkan pahala?” Beliau menjawab, “Bukankah jika kalian bersetubuh pada yang haram, kalian mendapatkan dosa. Oleh karenanya jika kalian bersetubuh pada yang halal, tentu kalian akan mendapatkan pahala” (HR. Muslim)

Masya Allah… luar biasa bukan? [IK/bersamadakwah]
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,282,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,88,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Hubungan Suami Istri di Malam Jum’at, Sunnah?
Hubungan Suami Istri di Malam Jum’at, Sunnah?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhy64nvmFJOO45oMzqNY_s89GttE5s_ZSIyc6qDqwoUZS8gFOLOTfTF994ioOlHrs4DyObIUCoP8jsV4Dq8VZIbolHf-4Y1sjlLPRgMXxoiU6O2sXouCSyESiR4RNKeCrzKYqOIIJHSYw/s1600/Hubungan+suami+istri+-+ilustrasi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhy64nvmFJOO45oMzqNY_s89GttE5s_ZSIyc6qDqwoUZS8gFOLOTfTF994ioOlHrs4DyObIUCoP8jsV4Dq8VZIbolHf-4Y1sjlLPRgMXxoiU6O2sXouCSyESiR4RNKeCrzKYqOIIJHSYw/s72-c/Hubungan+suami+istri+-+ilustrasi.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2014/04/hubungan-suami-istri-di-malam-jumat.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2014/04/hubungan-suami-istri-di-malam-jumat.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content