$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Optimasi Spiritualitas untuk Kesuksesan

Kesuksesan adalah impian semua orang. Keberhasilan hidup adalah dambaan setiap insan. Karenanya, banyak cara yang ditempuh guna menggap...

Kesuksesan adalah impian semua orang. Keberhasilan hidup adalah dambaan setiap insan. Karenanya, banyak cara yang ditempuh guna menggapai puncak kesuksesan hidup. Banyak yang berhasil, tapi tak sedikit pula yang gagal. Keberhasilan kebanyakan mereka, terjadi karena mereka mengetahui jalan yang benar dan sabar dalam melaluinya.

Diantara banyak jalan yang telah direkomendasikan keberhasilannya itu adalah kadar dan kualitas spiritual seseorang. Spiritualitas merupakan bekal asasi yang Allah Swt berikan kepada semua hamba-Nya. Ketika disinergikan dengan tingkat intelektual dan potensi fisik, maka sinergi padunya akan menghasilkan keberhasilan gemilang nan membanggakan.

Sayangnya, banyak pihak yang salah memahami kondisi spiritual sehingga tak dikombinasikan dengan dua faktor lainnya. Alhasil, banyak yang justru menuju jurang kegagalan lantaran sibuk dengan ibadah ritual tanpa peduli dengan sekitar, bahkan acuh terhadap dirinya sendiri.

Spiritualitas, dijelaskan oleh Anis Matta dalam bukunya ini, setidaknya memiliki dua dimensi penting dalam kehidupan.

Pertama, kondisi spiritual berfungsi sebagai bekal untuk melakukan berbagai ibadah yang Allah Swt perintahkan. Kedua, kondisi kejiwaan ini akan berfungsi sebagai kekuatan dalam menghadapi tantangan dan ujian dalam kehidupan. (h. 49)

Kondisi kedua memiliki derajat yang lebih berat dalam pelaksanaan karena banyaknya musuh yang memang ditebarkan di setiap jenak kehidupan. Diantara cara yang bisa ditempuh adalah dengan terus menerus bergerak. Karena dengan terus melangkah, akan ada saatnya bagi seseorang untuk berpindah ke jalur cepat. (h. 61)

Sampul Buku
Basis spiritual ini harus senantiasa ditumbuhsuburkan dalam diri seseorang. Utamanya mereka yang memang aktif dalam perjuangan menegakkan kebenaran di setiap lini kehidupan. Dengan kuatnya basis spiritual ini, maka setiap godaan yang datang bisa dihadapi dengan elegan sehingga menghasilkan kesuksesan nan gemilang.

Selain itu, bagusnya kualitas spiritual seseorang bisa membuatnya jernih dalam memandang setiap persoalan kehidupan. Sehingga, semua tantangan yang datang bisa diubah menjadi sebuah potensi yang justru mempercepat jalannya menuju keberhasilan.

Analoginya seperti para peselancar. Tatkala banyak orang takut dengan ombak dan gelombang, mereka justru melihatnya sebagai sebuah keasyikan nan menantang. Oleh mereka, gelombang yang menakutkan diubah menjadi permainan yang mengasyikkan.

Yang penting dicatat, ketika kesuksesan telah digenggam, seorang muslim yang bijak juga leluasa dan ringan dalam melepaskannya. Artinya, mereka menyadari dengan baik bahwa semua yang ada di bumi adalah titipan yang bisa diambil kapan pun oleh Allah Swt yang telah memberikan semuanya.

Dengan adanya sikap seperti ini, mereka senantiasa semangat dalam meraih, dan semangat pula ketika harus mendistribusikan capaiannya kepada orang lain. Baik terkait harta, ilmu, dan sebagainya.

Buku ini merupakan kumpulan ceramah Anis Matta dalam setahun terakhir ini. Setelah mendapat sentuhan ciamik penyusunnya, gagasan lulusan LIPIA ini mampu disajikan dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami karena terstrukur rapi dan sistematis sesuai kaidah bahasa tulis. Karenanya, pemikiran-pemikiran politisi kelahiran Bone ini lebih mudah diaplikasikan dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, organisasi bahkan dalam bernegara.

Sebagai penikmat pemikiran-pemikiran penulis, gagasan-gagasan yang disampaikannya senantiasa terasa baru. Selain itu, beliau amat piawai menggabungkan antara ilmu Barat, ilmu Timur dan mengombinasikannya dengan ilmu keislaman yang dikuasainya.

Selamat membaca dan semoga terinspirasi.

Detail Buku

Judul : Spiritualitas Kader
Penulis : Anis Matta
Penyusun : Sitaresmi S. Soekanto
Penerbit : Bidang Arsip dan Sejarah DPP PKS
Tebal : viii + 154 hlm
Cetakan : 2014
ISBN : 978-602-17-321-7-5

Selengkapnya di : Tarbiyah.net
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,283,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,89,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Optimasi Spiritualitas untuk Kesuksesan
Optimasi Spiritualitas untuk Kesuksesan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXJLZo9qL1DY8Iwz07IGsu7Ht0fcTgGp332AXqpE9P_Ib6gxK94ogQqVpWrnffmPCapdqd_w_2DSEuohR9D2AZBh2yrk8OgR_BCHTXxE56zhRQyiSX3El9hRbYfvFVPeXrBbhAVuV-UJ0/s1600/332.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXJLZo9qL1DY8Iwz07IGsu7Ht0fcTgGp332AXqpE9P_Ib6gxK94ogQqVpWrnffmPCapdqd_w_2DSEuohR9D2AZBh2yrk8OgR_BCHTXxE56zhRQyiSX3El9hRbYfvFVPeXrBbhAVuV-UJ0/s72-c/332.png
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2014/10/optimasi-spiritualitas-untuk-kesuksesan.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2014/10/optimasi-spiritualitas-untuk-kesuksesan.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content