Kumpulan Ceramah Ramadhan Meningkatkan Taqwa di Tengah Wabah Corona

ceramah ramadhan
Ramadhan segera tiba. Sudah sejauh mana persiapan kita menyambutnya? Meskipun banyak keterbatasan di tengah pandemi virus corona, semoga Ramadhan kita lebih khusyu’ dan menghadirkan taqwa.

Salah satu persiapan yang tak boleh lupa adalah ilmu. Al ilmu qablal qaul wal ‘amal.

Nah, untuk mendukung persiapan keilmuan seputar puasa dan Ramadhan, BersamaDakwah telah merilis Ceramah Ramadhan 2020.

Meskipun saat ini baru tersedia 12 ceramah Ramadhan, nantinya akan diupdate dengan tambahan artikel terbaru. Idealnya, tersedia 30 materi.

“Suasana Ramadhan 1441 Hijriyah alias Ramadhan 2020 agak berbeda dibandingkan Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Pandemi covid-19 membuat banyak masjid tidak menyelenggarakan shalat tarawih. Khususnya yang berada di zona merah.

Namun demikian, masih ada zona-zona hijau yang menggelar shalat tarawih di masjid. Untuk para khatib di zona itulah kumpulan kultum Ramadhan ini didedikasikan. Karena terkadang khatib/penceramah Ramadhan terkendala waktu sehingga tidak sempat menyiapkan tema-tema terbaru.

Sedangkan untuk masyarakat umum, hadirnya ceramah Ramadhan ini semoga bisa menjadi bahan bacaan berkualitas di bulan Ramadhan. Termasuk yang di daerahnya sedang diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” demikian rilis BersamaDakwah.

Tema apa saja yang telah tersedia? Sebagai cuplikan, di antara tema yang telah tersedia adalah sebagai berikut:

Keutamaan Ramadhan
Menjelaskan 10 keutamaan Ramadhan berdasarkan hadits-hadits shahih, mulai dari dibukanya pintu-pintu surga, ditutupnya pintu-pintu neraka, hingga pembebasan dari neraka.

Keutamaan Puasa
Menjelaskan 8 keutamaan puasa berdasarkan hadits-hadits shahih, mulai dari pahala puasa yang tidak dibatasi, bau mulut orang berpuasa lebih baik dari minyak misik, hingga menjauhkan dari neraka.

Hikmah Puasa
Menjelaskan 8 hikmah puasa baik dari aspek ruhiyah maupun sosial dan medis. Hikmah puasa ini disarikan dari Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka, Fiqih Puasa karya Syaikh Yusuf Al Qardhawi dan Al Islam karya Said Hawwa.

Puasa berkualitas
Menjelaskan 6 langkah agar puasa berkualitas. Sebab puasa adalah ibadah yang langsung dinilai Allah dan tidak dibatasi pelipatgandaan pahala 10-700. Pahalanya bisa tak terbatas, tergantung kualitas.

Selain ceramah ramadhan, tersedia juga konten Ramadhan seperti Tata Cara Shalat Tarawih di Rumah dan Niat Puasa Ramadhan.

Semoga bermanfaat dan menambah persiapan keilmuan kita menjelang Ramadhan 1441 hijriyah ini. [Tarbawia.com]
Powered by Blogger.