$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Merenungi Nikmat Mata dalam Al-Qur’an

Ada banyak ayat Al-Qur’an yang menyebut mata dan penglihatan. Jumlahnya lebih dari 20 ayat. Menunjukkan betapa luar biasanya nikmat mata.

nikmat mata

Ada banyak ayat Al-Qur’an yang menyebut mata dan penglihatan. Jumlahnya lebih dari 20 ayat. Menunjukkan betapa luar biasanya nikmat mata. Melalui dua ayat ini, mari merenungi nikmat mata.

وَمَا يَسْتَوِي الْأَعْمَى وَالْبَصِيرُ وَالَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَلَا الْمُسِيءُ قَلِيلًا مَا تَتَذَكَّرُونَ

Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat, dan tidaklah (pula sama) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh dengan orang-orang yang durhaka. Sedikit sekali kamu mengambil pelajaran. (QS. Al Mu’min: 58)

قُلْ لَا أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللَّهِ وَلَا أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَا أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَى إِلَيَّ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الْأَعْمَى وَالْبَصِيرُ أَفَلَا تَتَفَكَّرُونَ

Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: "Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat?" Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?" (QS. Al An’am: 50)

Baca juga: Hadits tentang Manisnya Iman

Merenungi Nikmat Mata

Pada dua ayat ini, Allah mengambil perumpamaan orang yang beriman sebagai orang yang bisa melihat, sedangkan orang yang tidak beriman lagi durhaka laksana orang yang buta. Selain memudahkan untuk memahami iman, ayat ini juga menunjukkan betapa besarnya nikmat mata.

Mungkin selama ini dianggap biasa saja, bahkan kita lalai hingga tidak mensyukuri nikmat mata. Padahal mata adalah rezeki yang sangat berharga dan nikmat yang sangat mahal. Dengan mata, kita bisa melihat indahnya dunia. Kita juga bisa melihat wajah anak-anak, istri, dan keluarga tercinta. Mengenali orang-orang dan benda di sekitar kita. Yang lebih nikmat lagi, dengan mata kita bisa tilawah Al-Qur’an dan membaca buku. Lebih mudah mencari ilmu.

Pada dua ayat ini, Allah menggunakan perumpamaan dengan membandingkan orang yang melihat dan orang yang buta. Terlihat sangat kontras, dan tentu kita semua memilih menjadi orang yang melihat daripada menjadi orang yang buta. Demikianlah iman dan kekufuran. Berbeda jauh dan saling bertolak belakang.

Jangankan saat nikmat mata hilang dengan kebutaan, bahkan saat nikmat mata berkurang karena sakit saja, kita merasa sangat tidak nyaman. Merasa sangat kehilangan. Rela mengeluarkan dana besar untuk mengembalikan kesehatan mata.

Misalnya, seseorang yang menderita miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), astigmatisme (silinder) atau presbiopi (mata tua). Ia harus memakai kacamata atau lensa kontak agar bisa melihat dengan jelas. Itu pun masih terasa memberatkan dan tidak nyaman. Jika ingin bebas dari kacamata dan lensa kontak, ia perlu mengeluarkan belasan juta per mata untuk operasi lasik. Jika dua mata, biaya operasi lasik bisa mencapai 25-30 juta. Kecuali mendapat promo atau program spesial, biayanya menjadi lebih murah.

Demikian pula jika menderita katarak. Ia akhirnya membayar 8-15 juta untuk operasi katarak per mata. Apalagi kalau penyakit mata yang lebih parah. Maka, tidakkah kita bersyukur dengan nikmat mata ini? Fabiayyi ala irabbikuma tukadziban. Nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kamu dustakan?

Mahalnya Nikmat Mata

Demikian mahalnya nikmat mata, pernah seorang pemuda mengeluhkan kepada seorang ulama tentang kemiskinannya. Ia merasa tidak mendapatkan banyak rezeki dari Allah dan dijauhkan dari kekayaan.

“Engkau memiliki dua mata. Saat ini, ada orang yang sangat membutuhkan donor mata untuk kesembuhannya. Bagaimana jika engkau jual matamu satu saja. Ia siap membeli 100 juta,” Bukannya memberikan nasihat dengan dalil ayat atau hadits, ulama itu justru melontarkan pertanyaan dan penawaran.

“Mohon maaf Kyai, saya tidak mau.”

“Bagaimana kalau 500 juta?”

“Tidak bisa, Kyai.”

“Bagaimana jika 1 milyar?”

“Maaf Kyai, saya tidak mau.”

“Nah, satu mata saja lebih mahal daripada milyaran rupiah. Lalu mengapa engkau merasa tidak mendapat banyak rezeki?”

Pemuda itu pun terdiam. Ia baru menyadari bahwa selama ini ia kaya dengan begitu banyak nikmat-Nya. [Muchlisin BK/Tarbawia]

 

Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,63,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,24,Feature,277,Fiqih,68,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,53,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,84,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,19,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,87,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Merenungi Nikmat Mata dalam Al-Qur’an
Merenungi Nikmat Mata dalam Al-Qur’an
Ada banyak ayat Al-Qur’an yang menyebut mata dan penglihatan. Jumlahnya lebih dari 20 ayat. Menunjukkan betapa luar biasanya nikmat mata.
https://1.bp.blogspot.com/-VsO9jvXq70w/YL6mf3vaRwI/AAAAAAAAPNY/ljjdOGbYM5kut82_b9V287zOqvOMRFBGgCLcBGAsYHQ/s16000/membaca%2Bal%2Bquran.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VsO9jvXq70w/YL6mf3vaRwI/AAAAAAAAPNY/ljjdOGbYM5kut82_b9V287zOqvOMRFBGgCLcBGAsYHQ/s72-c/membaca%2Bal%2Bquran.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2021/06/nikmat-mata.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2021/06/nikmat-mata.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content