$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

30 Tema Kultum Ramadhan Terbaru 2023

Perlu ide untuk tema dan bahan kultum Ramadhan 2023? Ini 30 tema kultum Ramadhan terbaru 2023.

30 tema kultum ramadhan 2023

Perlu ide untuk tema dan bahan kultum Ramadhan 2023? Atau ingin membacanya secara harian untuk menambah ilmu dan meningkatkan semangat beramal? Ini 30 tema kultum Ramadhan terbaru 2023.

Selain merupakan syahrush shiyam dan syahrul qiyam, Ramadhan juga merupakan syahrut tarbiyah (bulan pendidikan). Sebab di bulan ini banyak sarana tarbiyah bagi umat Islam. Selain puasa Ramadhan sendiri yang merupakan tarbiyah ruhiyah, banyak kajian tersedia. Kultum Tarawih, kuliah Subuh, kajian menjelang berbuka, dan lain sebagainya.

Bagi khatib Ramadhan yang karena kesibukannya kemudian tidak sempat menyiapkan materi kultum, 30 tema ini bisa menjadi inspirasi. Juga bagi umat Islam secara umum, jika ingin menjadikannya sebagai bacaan harian, 30 tema ini juga pilihan tepat.

Kultum Ramadhan ini dipersembahkan oleh Bersamadakwah.net dan bisa di-update di sana jika ada materi terbaru. Sebab belum semua tersedia tautannnya. Langsung saja, berikut ini 30 tema Kultum Ramadhan terbaru 2023:

Kultum Ramadhan 2023 Tanggal 1-10

1. Ramadhan Sepenuh Hati Seperti Bakti Uwais Al-Qarni

Kultum Ramadhan 2023 perdana ini mengajak jamaah untuk mengoptimalkan ibadah di bulan Ramadhan dengan penuh kesungguhan. Memotivasi kita untuk beramal sepenuh hati di bulan suci sebagaimana bakti Uwais Al-Qarni yang menggendong ibunya menunaikan ibadah haji mulai berangkat hingga pulang kembali.

2. Keutamaan Bulan Ramadhan

Kultum ini menjelaskan 10 keutamaan Ramadhan berdasarkan hadits-hadits shahih, mulai dari dibukanya pintu-pintu surga, ditutupnya pintu-pintu neraka, hingga pembebasan dari neraka.

3. Keutamaan Puasa

Menjelaskan 10 keutamaan puasa berdasarkan hadits-hadits shahih, mulai dari pahala puasa yang tidak dibatasi, bau mulut orang berpuasa lebih baik dari minyak misik, hingga menjauhkan dari neraka.

4. Orang yang Boleh Tidak Puasa

Menjelaskan empat golongan orang yang boleh tidak puasa Ramadhan. Disertai cara menggantinya. Yakni orang yang wajib tidak puasa dan wajib meng-qadha’. Orang yang boleh tidak puasa dan wajib meng-qadha’. Orang yang boleh tidak puasa dan wajib bayar fidyah. Serta orang yang boleh tidak puasa, namun diperselisihkan apakah wajib qadha’ atau bayar fidyah.

5. Hikmah Puasa

Menjelaskan 8 hikmah puasa baik dari aspek ruhiyah maupun sosial dan medis. Hikmah puasa ini disarikan dari Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka, Fiqih Puasa karya Syaikh Yusuf Al Qardhawi dan Al Islam karya Said Hawwa.

6. Puasa Sia-Sia

Kultum Ramadhan 2023 ini menjelaskan 10 hal yang membuat puasa sia-sia. Mulai dari tidak ikhlas, berkata keji, mengumpat, ghibah, dan seterusnya.

7. Sunnah Puasa

Kultum Ramadhan ini membahas 10 sunnah puasa Ramadhan. Mulai dari sahur dan makan sahur, menyegerakan berbuka, memperbanyak doa terutama saat berbuka puasa, tadarus Al-Quran, memperbanyak infaq, hingga i’tikaf pada 10 hari terakhir Ramadhan.

8. Puasa Berkualitas

Kultum ini membahas 6 langkah agar puasa berkualitas. Sebab puasa adalah ibadah yang langsung dinilai Allah dan tidak dibatasi pelipatgandaan pahala 10-700. Pahalanya bisa tak terbatas, tergantung kualitas.

9. Hakikat Puasa

Kultum Ramadhan singkat dan praktis ini menjelaskan hakikat puasa. Bahwa puasa bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Puasa hakikatnya adalah menahan diri dari segala bentuk kemaksiatan dan segala hal yang Allah haramkan. Hakikat puasa adalah membentuk taqwa.

10. Keutamaan Sabar

Mengulas tentang hakikat sabar dan keutamaan sabar. Diawali dengan penekanan bahwa salah satu nama bulan Ramadhan adalah syahrush shabr; bulan kesabaran. Mengapa disebut bulan kesabaran juga diterangkan secara singkat.

Kultum Ramadhan 2023 Tanggal 11-20

11. Ramadhan Bulan Jihad

Menjelaskan makna Ramadhan sebagai bulan jihad. Juga dilengkapi definisi jihad, keutamaan dan macam-macamnya. Harapannya, di bulan Ramadhan tumbuh semangat jihad dan produktifitas meningkat.

12. Ramadhan Bulan Taubat

Kultum Ramadhan 2023 ini menjelaskan Ramadhan sebagai syahrut taubah. Bulan taubat. Ia saat menyegerakan taubat yang tepat. Kultum ini dilengkapi keutamaan taubat, pembagian dosa, hingga syarat taubat.

13. Ramadhan Bulan Qiyamul Lail

Menjelaskan bagaimana Ramadhan membentuk kebiasaan qiyamul lail. Terutama melalui shalat tarawih selama sebulan penuh tiap malam di bulan Ramadhan. Dijelaskan pula keutamaan qiyamul lail berdasarkan hadits-hadits shahih. Agar memotivasi selepas Ramadhan terjaga kebiasaan qiyamul lail tersebut.

14. Ramadhan Bulan Tarbiyah

Membahas Ramadhan sebagai syahrut tarbiyah, bulan pendidikan. Suasana Ramadhan yang sangat kondusif untuk ibadah juga memudahkan banyaknya kajian Islam. Mulai dari ceramah tarawih, kuliah Subuh, kajian menjelang buka puasa, hingga kajian-kajian lainnya. Ada pula pelatihan intensif atau daurah.

Maka, selayaknya kita perkuat semangat tarbiyah dengan mengetahui keutamaan ilmu dan terus berusaha tafaqquh fiddin. Tak hanya di bulan Ramadhan, semangat tarbiyah harus kita jaga di bulan-bulan lainnya.

15. Puasa Perut

Kultum Ramadhan ini menjelaskan puasa perut bukan sekedar mempuasakannya dari lapar dan dahaga. Puasa perut artinya juga mempuasakan perut dari makanan haram, makanan syubhat dan makan yang berlebihan.

16. Berusaha Menerapkan Islam Kaffah

Di bulan Ramadhan, suasana hidup masyarakat kita berubah tiba-tiba. Jauh lebih religius daripada biasanya. Suasana ini perlu kita jaga. Dengan berusaha menerapkan Islam kaffah sepanjang tahun. Sehingga Allah pun menurunkan rahmat dan berkah-Nya untuk negeri kita. Bahagia di dunia, bahagia di akhirat dan masuk surga.

17. Nuzulul Qur’an

Kultum ini membahas Nuzulul Quran mulai dari arti, tanggal terjadinya hingga kewajiban kaum muslimin terhadap Al Quran.

18. Waktu Mustajab

Kultum Ramadhan ini membahas 10 waktu mustajab untuk berdoa. Mulai dari sepertiga malam terakhir, setelah sholat lima waktu, antara adzan dan iqomat, hingga ketika minum air zam-zam.

19. Membangun Ukhuwah Islamiyah

Di bulan Ramadhan, kepedulian sosial masyarakat kita meningkat. Ini bagian dari berkahnya Ramadhan. Selayaknya kepedulian ini kita jaga. Juga menjaga persaudaraan sesama muslim, ukhuwah islamiyah. Bahkan persaudaraan sebangsa (ukhuwah wathaniyah) dan persaudaraan kemanusiaan (ukhuwah basyariyah).

20. Iktikaf

Sepuluh hari terakhir merupakan waktu paling utama dari Ramadhan. Sunnah utama di masa ini adalah itikaf. Sehari sebelum tiba sepuluh hari terakhir, ceramah ini menjelaskan keutamaan itikaf.

Kultum Ramadhan 2023 Tanggal 21-30

21. Lailatul Qadar

Kultum ini membahas lailatul qadar mulai dari arti lailatul qadar, keutamaannya, kapan terjadinya, tanda lailatul qadar, doa lailatul qadar, hingga ciri orang yang mendapatkannya.

22. Mencetak Generasi Islami

Zaman terus berubah. Generasi pasti berganti. Tantangan ke depan semakin besar. Maka selayaknya kita menyiapkan generasi mendatang yang kokoh, bukan generasi lemah, bukan generasi home service. Spirit Ramadhan menginspirasi kita untuk mencetak generasi Islami.

23. Menebar Kebaikan

Ramadhan penuh dengan kebaikan dan keberkahan. Bagaimana kita bisa membawa semangat berbagi kebaikan itu. Berbuat ihsan kepada sesama manusia. Karena Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik.

24. Merindukan Surga

Di akhirat kelak, hanya ada dua tempat kembali. Surga dan neraka. Surga adalah tempat penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Di bawah naungan ridha Allah, bahkan kita bisa bertemu dengan-Nya. Nikmat di surga tak pernah terlihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak terbersit dalam pikiran sebelumnya.

25. Berlindung dari Neraka

Hidup di dunia ini sementara. Setelah meninggal, kita akan memasuki alam barzakh. Lalu setelah kiamat terjadi, kita memasuki akhirat. Jangan sampai masuk neraka, apalagi abadi selamanya. Percayalah, kita takkan kuat, bahkan meskipun sebentar saja mampir di sana.

26. Ramadhan dan Perubahan

Ramadhan merupakan bulan pendidikan. Selama 30 hari kita ditempa oleh tarbiyah Ilahiyah. Banyak yang berubah di bulan Ramadhan, jangan sampai kembali terjungkal di bulan berikutnya. Semangat perubahan di bulan Ramadhan perlu kita jaga.

27. Meramadhankan Seluruh Bulan

Saat kita hanya baik di bulan Ramadhan, kita masih berada di level Ramadhani. Saat kita bisa membawa kebaikan itu di bulan-bulan berikutnya, jadilah kita generasi Rabbani. Meramadhankan seluruh bulan.

28. Istiqomah dalam Ibadah

Amal yang paling Allah cintai adalah yang kontinyu meskipun sedikit. Terus menerus meskipun tidak banyak. Istiqamah dalam kebenaran, istiqamah dalam kebaikan.

29. Zakat Fitrah

Amal khusus di bulan Ramadhan selain puasa adalah zakat fitrah. Bagaimana hukumnya, berapa besarnya dan bagaimana ketentuannya, tema ini menjelaskannya. Termasuk bolehkah membayar zakat fitrah dengan uang? Bagaimana jika melalui lembaga amil zakat?

30. Jika Ini Ramadhan Terakhir Kita

Malam ini adalah malam terakhir Ramadhan. Bayangkan jika ini Ramadhan terakhir kita. Bayangkan jika malam ini merupakan malam Ramadhan terakhir Ramadhan sepanjang hidup kita. Apa yang akan kita lakukan?

Demikian 30 kultum Ramadhan 2023. Update lebih cepat untuk materi tersebut bisa langsung klik di Kultum Ramadhan 2023. []

Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,282,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,88,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: 30 Tema Kultum Ramadhan Terbaru 2023
30 Tema Kultum Ramadhan Terbaru 2023
Perlu ide untuk tema dan bahan kultum Ramadhan 2023? Ini 30 tema kultum Ramadhan terbaru 2023.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOZ3kpf2EzWKF6BweQha6wYyRipapYHA6iykZz06TsQW8HZLVq-M8Dt5fW-3902gCfY7Emvf3ADUhpuWtMl7UYLOS9OLJ-JQ5qn6cQPzt5ZDHVOz3N_nx-jG529QsvVxkDjvsdojwtL8V7sFK88Ozt3_uUa8wvVALszMnPib5Feft0ZYUWSIW89xhU0w/s16000/Ceramah%20Ramadhan%202023.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOZ3kpf2EzWKF6BweQha6wYyRipapYHA6iykZz06TsQW8HZLVq-M8Dt5fW-3902gCfY7Emvf3ADUhpuWtMl7UYLOS9OLJ-JQ5qn6cQPzt5ZDHVOz3N_nx-jG529QsvVxkDjvsdojwtL8V7sFK88Ozt3_uUa8wvVALszMnPib5Feft0ZYUWSIW89xhU0w/s72-c/Ceramah%20Ramadhan%202023.JPG
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2023/03/30-tema-kultum-ramadhan-terbaru-2023.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2023/03/30-tema-kultum-ramadhan-terbaru-2023.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content