AS Tak Kuat Danai NATO, Eropa Masih Terjerat Krisis Utang


Amerika Serikat memperingatkan negara-negara Eropa bahwa Washington tidak bisa lagi menanggung kekurangan anggaran NATO sendirian.

"Banyak pihak berasumsi bahwa anggaran AS begitu besar sehingga bisa menutup kekurangan anggaran NATO," kata Menteri Pertahanan Leon Panetta, seperti diutip BBC.

"Padahal kami juga mengurangi anggaran yang jelas akan berdampak pada kemampuan NATO," tambahnya, sesaat sebelum mengikuti pertemuan tingkat menteri NATO di Brussels, Belgia Rabu ini (5/10).

Panetta menegaskan bahwa Washington melakukan pengurangan anggaran pertahanan sebesar US$450 miliar dalam periode sepuluh tahun ke depan. Namun jika Kongres AS gagal mengatasi defisit anggaran tahun ini, lanjut Panetta, Departemen Pertahanan mungkin akan menghadapi pemangkasan lebih lanjut.

Para wartawan mengatakan pengurangan ini akan berdampak besar terhadap kekuatan militer AS.

Sampai berita ini dimuat belum ada reaksi negara-negara anggota NATO terkait permintaan Panetta. Negara-negara Eropa justru mengambil langkah realistis dengan memotong anggaran militer mengingat krisis ekonomi yang juga mereka alami.

Krisis utang sekarang menjerat Negara-negara Eropa, termasuk Irlandia, Spanyol, Itali, Perancis, dan Inggris. Bank-bank di negara itu mengalami kesulitan likuiditas, sementara angka pengangguran rata-rata meningkat secara drastis, antara 21.2% sampai mendekati angka 30%. [AN/Hdy/EM]
Powered by Blogger.