$type=grid$count=3$$meta=0$snip=0$rm=0$show=home

Mahasiswa STAIN Bukittinggi Luncurkan Buku Catatan Seorang Muallaf

Buku  Catatan Seorang Muallaf   “Masihkah Ada Harapan untukku Ya Rabb...” yang ditulis Ahmad Fauzi, mahasiswa semester akhir Sekolah Tingg...
Buku Catatan Seorang Muallaf “Masihkah Ada Harapan untukku Ya Rabb...” yang ditulis Ahmad Fauzi, mahasiswa semester akhir Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi secara resemi diluncurkan Rabu (29/5) di Kampus I STAIN Bukittinggi. Buku itu diluncurkan Ketua STAIN Bukittinggi diwakili Wakil Ketua III Dra. Nuraisyah, M.Ag., didampingi Ketua Prodi Iswantir M, M.Ag di hadapan 150an peserta.
 
“Sepanjang sejarah saya mengajar di STAIN Bukittinggi, ini pertama kali seorang mahasiswa menerbitkan buku dan berani meluncurkan sekaligus membedahnya di hadapan mahasiswa dan dosen,” ujar Dra. Nuraisyah, M.Ag., Wakil Ketua III STAIN Bukittinggi dalam sambutannya memberi apresiasi atas terbitnya buku mahasiswanya itu.
 
Dia menyebutkan, di dunia kampus mahasiswa diharapkan tidak hanya berkutat dengan perkuliahan tetapi juga harus kreatif menulis. Lewat menulis apalagi menerbitkan buku buah pikirnya akan dapat dinikmati lebih luas oleh banyak orang.
 
“Kita harapkan, dari kampus ini, satu tahun minimal terbit satu buku, baik dari mahasiswa maupun dosen,” ujar Nuraisyah.
 
Buku Catatan Seorang Muallaf “Masihkah Ada Harapan untukku Ya Rabb...” dibahas oleh dua narasumber, yaitu DR. Silfia Hanani Syafei (Penulis dan Dosen STAIN Syech M. Djamil Bukittinggi) dan Muhammad Subhan (Penulis dan Ketum Forum Aktif Menulis Indonesia).
 
Dalam pembahasannya, Silfia Hanani Syafei mengulas sisi perjuangan seorang mahasiswa bernama Ahmad Fauzi melahirkan karya tulisnya lalu menerbitkannya menjadi buku. Dia menyebut, ketika draf buku itu diperlihatkan kepadanya, ia tergerak untuk mendorong Ahmad Fauzi segera menerbitkan bukunya itu.
 
“Terlepas dari soal berkualitas atau tidaknya buku ini, saya memberikan apresiasi kepada penulisnya, karena telah mampu menulis berlembar-lembar, terstruktur, sehingga layak diterbitkan menjadi buku,” kata Silfia.
 
Sementar Muhammad Subhan menyebutkan, pertama kali menerima buku Ahmad Fauzi itu dan memintanya menjadi salah seorang pembedah, ia mengira buku tersebut adalah semacam buku biografi si penulis yang seorang muallaf. Namun setelah dibaca hingga tamat, buku tersebut fokus mengulas tentang kepedulian penulis terhadap kaum muslimah.
 
“Buku ini membahas tentang perilaku kaum perempuan dalam berbusana. Setelah memeluk Islam, penulis melihat realita banyak kaum perempuan yang tidak mengindahkan aturan-aturan Islami, sehingga ada yang membuka aurat atau berpakaian ketat dan tidak berjilbab,” ujarnya.
 
Menurutnya, buku tersebut semacam kritik sosial Ahmad Fauzi sebagai bentuk kepeduliannya terhadap agama yang dianutnya. Ahmad Fauzi yang juga seorang muballig muda, lewat bukunya itu, mengajak kaum perempuan untuk mengamalkan ajaran Islam secara kaffah (menyeluruh) dan tidak setengah-setengah.
 
“Walau buku ini memfokuskan bahasannya pada kaum muslimah, tetapi pola penulisan buku ini tidak menyudutkan kaum perempuan, melainkan memberikan solusi-solusi yang bijaksana untuk mengembalikan posisi perempuan sebagai kaum yang paling dimuliakan,” urai Muhammad Subhan.
 
Ahmad Fauzi lahir di Desa Hiliamaeta Niha Kabupaten Nias, Sumatera Utara pada tanggal 21 September 1988 dari keluarga yang memeluk salah satu agama di luar Islam. Hidayah mempertemukannya pada keyakinan Islam atas kesadarannya sendiri setelah ia ikut berpuasa di bulan Ramadhan walau ketika itu ia masih berstatus nonmuslim. Di saat berpuasa itulah ia menemukan kedamaian jiwa.
 
Ahmad Fauzi merantau dari Nias ke Kota Bukittinggi pada tahun 2002. Ia menamatkan MTs Hidayatunnas Tarok Agam, lalu melanjutkan ke MAN Batu Mandi Tilatang Kamang. Setamat dari MAN ia memutuskan kuliah di STAIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi dengan mengambil Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agam Islam (PAI). (REL)
 
Keterangan Foto:
BEDAH BUKU – Peserta bedah buku Catatan Seorang Muallaf “Masihkah Ada Harapan untukku Ya Rabb”, Rabu (29/5) di aula Kampus I STAIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi. (Foto: Ist)
Name

Abdul Somad,1,Adab,4,Akhir Zaman,4,Al-Qur'an,18,Amalan,2,Analisa,1,Aqidah,16,Arifin Ilham,4,Bedah Buku,106,Buku,1,Canda,1,Dakwah Kampus,15,Dakwah Sekolah,1,Danil S,10,De_Palupi,1,Doa,64,Ekonomis-Bisnis,7,Fadhilah,25,Feature,283,Fiqih,71,Foto,48,Gresia Divi,26,Hadits,77,Hanan Attaki,2,Hasan Al-Banna,25,Headline,2,Heny Rizani,4,Hidayah,4,Hikmah,55,Ibadah,4,Indonesia,1,Inspirasi Redaksi,7,Islam,6,Kaifa Ihtada,46,Keluarga,105,Kembang Pelangi,30,Kesehatan,13,Khutbah Jum'at,54,Kisah Nabi,2,Kisah Nyata,85,KMPD,89,Kulwit,14,Mancanegara,1,Materi Tarbiyah,11,Mija Ahmadt,1,Motivasi,26,Mukjizat,4,Muslimah,43,Nasional,406,Nasyid,7,Oktarizal Rais,9,Opini,80,Parenting,11,Pemuda,2,Pernikahan,22,Petunjuk Nabi,7,Pirman,178,Press Release,20,Profil,16,Puisi,5,Ramadhan,89,Ramadhan 2017,1,Redaksi,6,Renungan,122,Renungan Harian,342,Retnozuraida,3,Rumah Tangga,8,Salim A Fillah,4,Salman al-Audah,1,Sirah,3,Sirah Sahabat,22,Siyasah Syar'iyyah,3,Strategi Dakwah,5,Surat Pembaca,1,Syiah,14,Tadabbur Al-Kahfi,1,Tasawuf,1,Taujih,44,Tazkiyah,5,Tazkiyatun Nafs,35,Tifatul Sembiring,25,Ukhtu Emil,31,Video,83,Wakaf,5,
ltr
item
Tarbawia: Mahasiswa STAIN Bukittinggi Luncurkan Buku Catatan Seorang Muallaf
Mahasiswa STAIN Bukittinggi Luncurkan Buku Catatan Seorang Muallaf
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTuotX8vZ_1f7LDFHx0fAAz1AOvQMeKVKizDfvYVwZ2PX3CDsw-yMclhvmvjmA5fcv6SnTETV58iYd2o8Z074hRG6DmejTIgvGQDMAT8odyl8jI_wyYzurI0hqSkL-pQjJSxCGb75eeyg/s320/Catatan+seorang+muallaf.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTuotX8vZ_1f7LDFHx0fAAz1AOvQMeKVKizDfvYVwZ2PX3CDsw-yMclhvmvjmA5fcv6SnTETV58iYd2o8Z074hRG6DmejTIgvGQDMAT8odyl8jI_wyYzurI0hqSkL-pQjJSxCGb75eeyg/s72-c/Catatan+seorang+muallaf.jpg
Tarbawia
https://www.tarbawia.com/2013/05/mahasiswa-stain-bukittinggi-luncurkan.html
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/
https://www.tarbawia.com/2013/05/mahasiswa-stain-bukittinggi-luncurkan.html
true
4661011185558750656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content